Walhi Dorong DPR dan Pemerintah Garap UU Perubahan Iklim

Walhi Dorong DPR dan Pemerintah Garap UU Perubahan Iklim

Dilansir ramlihamdani.id, Chaerul Umam

ramlihamdani.id, JAKARTA – Direktorat Luar Biasa Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Zenzi Suhadi Menyarankan agar DPR dan pemerintah membuat satu badan yang bertanggung jawab atas pelanggaran hukua lingkungan dan membuat Undang-Undang (UU) Perubahan Iklim.

Silakan coba lagi dalam beberapa menit jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah tentang situs ini. perubahan iklim.

Selain itu, ini dianggap sebagai tempat terbaik di Indonesia, secepatnya, banjir bandang, akibat kerusakan lingkungan dan eksploitasi sumber daya alam.

“Kalau DPR tidak mau ambil risiko di Indonesia, syaratnya, satu, kita ada UU perubahan iklim. Kedua, kita ini harus ada komisi khusus penegak Huk lingkungan dan sumber daya alam,

Halfu yang disampaikannya merespons pernyataan Ketua DPR RI Puan Maharani yang mengingatkan pentingnya mitigasi bencana bagi wilayah Indonesia yang rawan dilanda bencana alam.

Zenzi menjelaskan ada tiga fakta geografi yang merupakan bagian dari Indonesia harus berhadapan dengan risiko bencana yakni ring of fire, negara, dan daerah hutan tropis.

Menurutnya Indonesia pasti akan menghadapi gempa vulkanik maupun tektonik. Bencana itu menjadi bukan bencana ketika mampu dimitigasi dengan baik.

Dia mencontohkan wilayah zona merah tsunami yang seharusnya tidak boleh dilakukan pembangunan, namun ternyata terjadi pembangunan yang berdampak besar pada masyarakat dan mungkin menyebabkan risiko bencana.

Baca juga: Bamsoet: Beradaptasi dengan Perubahan Iklim untuk Mengantisipasi Ex

“Korban yang muncul ke depan bukan hanya karena kepastian adanya gempa, tetapi juga kesalahan kebijakan dan regulasi,” ujarnya.

Zenzi juga menyebut bencana yang bisa saja tidak terjadi di Indonesia yakni berkaitan dengan bencana hidrometeorologi, kekeringan, ataupun secepatnya. Menurutnya, bencana tersebut seharusnya tidak terjadi di Indonesia.

Dia menjelaskan, sebagian besar banjir bandang di Indonesia terjadi karena deforestasi, Penebangan hutan. DPR saat ini sedang mencari produk legislasi yang bisa disetujui sebagian.

Zenzi juga menyebut perubahan iklim sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi bencana hidrometeorologi.

“Indonesia sedang dalam pergolakan bencana bencana,” katanya perubahan iklim“Dia berkata.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/05/31/walhi-dorong-dpr-dan-pemerintah-garap-uu-perubahan-iklim

Tidak ada komentar :

Posting Komentar