Australia: China Sangat Mungkin Menempatkan Pasukan di Kepulauan Solomon

Australia: China Sangat Mungkin Menempatkan Pasukan di Kepulauan Solomon

Australia: China Sangat Mungkin Menempatkan Pasukan di Kepulauan Solomon

Pandatanganan pakta keamanan dengan Kepulauan Solomon diumumkan oleh Beijing pada Selasa (19/04) lalu, hanya minggu setelah versi draf bocor di sosial dan beberapa undangan akan kehadiran militer China di Pacific Selatan.

Ditanya seberapa realistis China akan meminta untuk menemkan pasukan di Kepulauan Solomon dalam tahun depan, Menteri Dalam Negeri Australia Karen Andrews mengatakan kepada radio 4BC bahwa itu “sangat mungkin.”

“Kemungkinan itu akan menjadi jalan yang akan diambil China di kawasan Pasifik,” katanya.

Andrews juga bertemu di Beijing, di mana ia diperkirakan akan bertemu dengan Pemerintah Federal Australia pada 21 Mei, menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri.

“Beijing dalam keadaan krisis,” katanya.

“Kami berbicara tentang campur tangan politik dan itu memiliki banyak bentuk.”

Perdana Menteri Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare telah berulang kali menegaskan tidak akan ada pangkalan militer China yang dibangun di negaranya berdasarkan kesepakatan keamanan, tetapi sejauh ini juga belum mengumumkan versi final dari pakta tersebut.

Australia mengimbau negara sekitar untuk waspada

Seret yang bocor berisi ketentuan yang memungkinkan keamanan Cina dan pengerahan angkatan lautnya ke Kepulauan Solomon, termasuk kemungkinan “pasukan Cina” yang akan diberdayakan untuk melindungi “keselamatan personel China” dan menjaga “proyek.”

China kini memiliki 20 anggota atau posisi militer di Kepulauan Spratly dan Paracel China Selatan. Fortifikasi terus dilakukan secara bersamaan yang diklaim oleh Beijing untuk tidak melanjutkan militerisasi kawasan.

Australia dapat dibandingkan dengan Cina oleh Raja Kepulauan Solomon. Canberra menyatakan, mengagumi menghormati keputusan jirannya itu, tetapi mengimbau negara-negara lain untuk waspada.

ha / vlz (AFP)

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/internasional/2022/04/27/australia-cina-sangat-mungkin-menempatkan-pasukan-di-kepulauan-solomon

Tidak ada komentar :

Posting Komentar