Presiden RI Temui Putin dan Zelensky, Pengamat: Bentuk Diplomasi Nyata Jokowi

Presiden RI Temui Putin dan Zelensky, Pengamat: Bentuk Diplomasi Nyata Jokowi

ramlihamdani.id, JAKARTA – Presiden Jokowi telah menemui Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodimyr Zelensky untuk misi perdamaian kedua negara.

Kunjungan ke negara konflik tersebut merupakan bukti diplomasi nyata dari Jokowi.

Upaya Presiden Joko Widodo sebagai pemimpin Indonesia yang merupakan kursi G20 tahun ini, adalah bentuk diplomasi nyata untuk mendorong perdamaian di Ukraina,” kata Pengamat Hubungan Internasional Fitriani, Jumat (1/7/2022).

Fitriani juga menilai, kunjungan ini sebagai upaya Jokowi menunjukkan ke negara-negara G7 bahwa Indonesia menanggapi serius serangan Rusia ke Ukraina.

Baca juga: Berita Baik Hasil Jokowi Bertemu Putin, Moskow Jamin Pasokan Pangan dan Pupuk dari Ukraina-Rusia

Sebagai pemimpin forum G20, Indonesia belam dalam posisi strategis untuk mendamaikan Ukraina-Rusia.

Menurutnya, Indonesia juga menyenangkan Ukraina dan Rusia.

“Ada seorang pakar Presiden Jokowi yang mengatakan bahwa Ukraina dan Rusia harus “puas” dan harus bisa berkomunikasi,” kata Fitriani.

Baca juga: Jokowi: Presiden Putin Jamin Keamanan Pangan dan Pupuk dari Rusia Maupun Ukraina

Namun, penting bahwa kita tidak mengkompromikan infrastruktur kita, tetapi kita memiliki kode etik yang kuat, pendekatan yang kuat dan positif untuk pembangunan berkelanjutan.

Pukulan keras saat dunia berusaha keluar dari krisis akibat Covid-19.

Baca juga: 5 Poin Penting Hasil Pertemuan Jokowi dengan Vladimir Putin di Rusia

Jokowi menegaskan bahwa Indonesia tidak memiliki kepentingan apa pun, kecuali ingin melihat perang dapat segera selesai.

“Rantai pasok pangan, pupuk, energi dapat segera diperbaiki karena menyangkut kehidupan ratusan juta orang, bahkan miliaran manusia,” kata Jokowi dalam Konferensi pers bersama Presiden Rusia Vladimir Putin. (ramlihamdani.id/ Willy Widianto)

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/07/01/presiden-ri-temui-putin-dan-zelensky-pengamat-bentuk-diplomasi-nyata-jokowi

Tidak ada komentar :

Posting Komentar