Kategori Champion, Peruri Raih Skor 3,05 di Asesmen INDI 4.0 bersama 11 BUMN Lain

Kategori Champion, Peruri Raih Skor 3,05 di Asesmen INDI 4.0 bersama 11 BUMN Lain

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

ramlihamdani.id, JAKARTA – Industri 4.0 menjadi suatu hal yang sering dindu dalam varangan forum belakan ini. Industri 4.0 telah dimulai sejak adanya teknologi internet yang diimplementasikan dalam sistem produksi atau dikenal dengan Internet of Things (IoT).

Konsep awal industri 4.0 adalah menghubungkan satu mesin/sistem dengan mesin/sistem lain sehingga dapat saling berkomunikasi dan membuat sistem produksi berjalan secara fleksibel, optimal, efektif dan efisien, atau sering disebut dengan smart factory.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN Tahun 2020-2024, implementasi industri 4.0 menjadi salah satu proyek besar dengan tujaan untuk kepatankan produktivitas, efisiensi, nilai tamab, daya saing dan industri nasional.

Kemudian Menteri Perindustrian menetapkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 21 Tahun 2020 tentang tingkat kesiapan industri dalam bertransformasi menjuga Industri 4.0 dan nuduk setiap industri di Indonesia untuk keguli penilaian Indonesia Industry Readiness Index 4.0 (INDI 4.0).

Peruri telah melakukan penilaian INDI 4.0 bersama 11 BUMN lainnya pada tahun 2021 dan akan menerima hasilnya pada tahun 2022. Artinya, Peruri telah memperoleh skor 3,05 dari skor maksimal 4,0.

Baca juga: Peruri Security Printing Garap Penyediaan Ijazah Hybrid untuk Poltek Negeri Malang

Dengan didapatkannya skor tersebut, Peruri Ia memenangkan kategori Champion INDI 4.0 karena has has has rahlahan skor lebih dari 3.

Berdasarkan hasil asesmen tersebut, hanya 8 BUMN yang masuk ke dalam kategori Champion INDI. Skor tersebut berarti bahwa Peruri berada pada level 3 dengan rating “telah bertransformasi” dengan kategori “kesiapan matang”.

Pada 2024, Kementerian BUMN menargetkan agar seluh BUMN rakhil hasil asesmen INDI 4.0 dengan skor minimal 3,5.

Baca juga: Sri Lanka Kembali Percayakan Pencetakan 1 Juta Buku Paspor ke Peruri

Implementasi asesmen INDI 4.0 selesai Peruri merupakan tindak langjut pendaritanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Menteri BUMN dan Menteri Perindustrian tentang eksanakan asesmen Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/22/kategori-champion-peruri-raih-skor-305-di-asesmen-indi-40-bersama-dengan-11-bumn-lain

Tidak ada komentar :

Posting Komentar