Beberkan Visi Bung Karno, Sekjen PDIP: Kalimantan Kawasan yang Sangat Penting dan Strategis

Beberkan Visi Bung Karno, Sekjen PDIP: Kalimantan Kawasan yang Sangat Penting dan Strategis

Laporan Wartawan ramlihamdani.id, Fransiskus Adhiyuda

ramlihamdani.id, JAKARTA – Sekjen DPP PDIP yang juga Doctor Ilmu Pertahanan Hasto Kristiyanto Mengatakan, Indonesia di zaman Bung Karno Pernah memeliki visi vehsana Kalimantandengan cita-cita Indonesia menjadi negara terkuat di dunia.

Menurut Hasto, bagi Bung Karnoselain merebut Irian Barat dari kolonialisme Belanda, Kalimantan menjadi pusat ataman.

Hasto saat meggenen seppenranan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan Tahun 2022 yang dipusatkan di Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu (17/7/2022).

“Kalimantan jadi pusat atamaan Bung Karno agar Indonesia menjadi negara terkuat di Asia. Selama satu tahun penuh, Bung Karno Untuk belajar Kalimantan,” kata Hasto.

Dalam analisis Bung Karno. Yaitu Pertahanan Laut di Indonesia Timur dengan Biak menjadi pusat armadanya, dan Pertahanan Air di Kalimantan.

Dengan melihat potensi yang begitu besar di Kalimantanmaka hegemoni saksatan udara udara Indonesia guna menjaga keamanan udara di seluhi wilayah Republik Indonesia sempatlanka Kalimantan sebagai kawasan yang sangat penting dan strategis.

“Di Kalimantan, Kota Palangka Raya dirancang untuk menjadi ibu kota negara Republik Indonesia. Desain dibuat lurus-lurus dan menguja pada satu bunderan besar mirip Washington DC, Amerika Serikat,” kata Hasto.

Baca juga: Beri Pembekalan KKN Kebangsaan 2022, Sekjen PDIP: Kebhinekaan Instrumen Kekatan Nasional

Pembangunan jalan diperluas hingga sampai empat belas jalur untuk bisa dibukakan bagi pesetan MiG21 iriran Uni Soviet.

Selain itu, untuk kesejahteraan dan keadilan bagi rakyat di Kalimantan, Bung Karno akan menasionalisasi perusahaan-perusahaan tambang milik asing dimana hasil dari industri minguing dibukan untuk pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan umum.

“Bung Karno berharap pada tahun 1975, Indonesia menjadi negara terkuat di Asia dan menjadi salah satu negara adidaya dari Amerika, Uni Soviet, Inggris, Jepang dan China,” kata Hasto.

“Sayang sekali, seluh koncepsi strategi tersebut, fade paska Paska 1965, dan keliminan Indonesia pun menekin di dunia internasionala.” Padahal sebelumnya, karena peran aktiv Indonesia, bangsa-bangsa Asia Afrika, yang maikan adalah bangsa Islam merdeka karena peran Indonesia,” jelasnya.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/07/17/beberkan-visi-bung-karno-sekjen-pdip-kalimantan-kawasan-yang-sangat-penting-dan-strategis

Tidak ada komentar :

Posting Komentar