Jelang Iduladha, Mentan SYL Pastikan Pasokan Daging dan Sapi Aman

Jelang Iduladha, Mentan SYL Pastikan Pasokan Daging dan Sapi Aman

ramlihamdani.id – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) turun langsung ke lapangan untuk ketersediaan stok daging sapi dalam memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat. Dari hasil produk, stok daging sapi dalam negeri hingga saat ini sebesar 42.269 ton, mampu memenuhi kebutuhan hingga pasca Iduladha dan dipastikan terbebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Hari ini saya bersama Dirjen Peternakan dan jajaran Kementerian Pertanian yang bertanggung jawab akan ketersediaan daging dan produk, turun langsung ketersediaan daging kita menghadapi Idul Qurban yang akan segera lagi dan dipastikan stok daging aman dan cukup untuk mendukung konser. saat meninjau penyimpanan dingin daging PT Indoguna di Cikupa, Tangerang, Sabtu (4/6/2022).

SYL menawarkan untuk mendukung hari stok multidisiplin, Kementerian Pertanian (Kementan) bersama pemerintah daerah terus melakukan upaya penanganan dan pengendalian terhadah wabah penyakit mulut dan hewan (PMK) yang menjangkit ternak di beberapa daerah. Guna mencegah penyebaran, saat ini dilakukan lalu lintas ternak secara ketat.

“Kita tidak perlu khawatir karena pasokan dari daerah yang masuk zona hijau yaitu daerah yang tidak ada kasus PMK sangat cukup untuk kebutuhan kita khususnya untuk Iduladha. Kita akan terus jaga dan mantapkan proses distribusi sapi sehingga Pasokan dan tuntutan ternak dapat berjalan dengan lancar. Yang terpenting, daging sapi pun aman dikonsumsi, “jelasnya.

Lebih lanjut Mentan SYL menjelaskan kolaborasi semua pihak yang sangat diperlukan dalam mencegah penyebaran wabah PMK utamanya pada setiap daerah. Sesuai data, tingkat pemulihan yang dicapai PMK menunjukkan tren positif dan pengendalian masih terus ditingkatkan.

“Kita tidak menganggap enteng kasus PMK yang ada tetapi dalam menangani hal ini kami perlu bekerja sama dengan semua pihak,” ujarnya.

SYL menambahkan bersama pemerintah daerah dan pihak kepolisian bekerja sesuai tugas dalam pengendalian PMK yang sudah disusun. posko pusat krisis you need to be active, tenaga medis hewan bekerja tangani wabah ini dengan optimal dan pelatihan untuk mendukung pennyulu lainnya terus dilakukan.

“PMK saat ini ada dan tidak membahayakan manusia. Kita juga sudah memiliki fatwa MUI dan sudah keluar. Ini bukti negara hadir untuk mengendalikan agar semua berjalan dengan baik,” tutupnya.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/06/05/jelang-iduladha-mentan-syl-pastikan-pasokan-daging-dan-sapi-aman

Tidak ada komentar :

Posting Komentar