Peringati Hari Kelahiran Pancasila, MPR Gelar Sarasehan Hadirkan Prof Magnis Hingga Cinta Laura

Peringati Hari Kelahiran Pancasila, MPR Gelar Sarasehan Hadirkan Prof Magnis Hingga Cinta Laura

Dilansir ramlihamdani.id, French Adhiyuda

ramlihamdani.id, JAKARTA – Memperingati Hari Kelahiran Pancasila yang ditayangkan pada 1 Juni, MPR RI mengumumkan Lembaga Filsafat Pancasila Panacea ‘Pancasila sebagai Filosofi Dasar Negara dan Revvansinya dalam Kehidupan Bersama’ oleh Gedung Nusantara V, Kompl.

Institut Filsafat Pancasila Yoseph Umarhadi memperbarui foto profilnya Hari Lahir Pancasila Pada 1 Juni 2022, Perwakilan Khusus Ketua Komisi Uni Afrika (SRCC) untuk Ilmu Politik (sebagai Ideologi) membahas masalah ini.

Sebab, kata Yoseph, sejatinya Pancasila adalah nilai-nilai dasar dan universal (filsuf) yang dihayati dan dihidupi selama ratusan tahun oleh Bangsa Indonesia.

“Para pendiri meletakkan bangunan negara ini di atas suatu dasar filsafat yang kokoh (philosophische grondslag),” kata Yoseph, Sabtu (28/5/2022).

Tidak menutup kemungkinan program DPR/MPR RI sudah dicanangkan pada 1999 dan 2019, dan Musyawarah Rekonsiliasi Pancasila akan terus dilaksanakan dan akan terus dilaksanakan.

Baca juga: Berlandaskan Nilai-nilai Pancasila, Benny Susetyo Dorong ASN for Bangkit Membangun Indonesia

Pelaksanaan demokrasi di Indonesia sensung bersifat liberal dan prosedural.

Karena itu, setiap warga negara dan penyelenggara negara seyogianya harus memahami Pancasila dengan benar dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi pandangan hidup, jiwa, dan filosofi dasar bagi Bangsa Indonesia.

Dalam hal ini, Yoseph menyebutkan bahwa kesan pada umumnya menganggap Pancasila merupakan domain elit yang berada di istana pada Zaman Orde Baru kemudian beralih ke gedung DPR / MPR RI pada Zaman Reformasi.

Karena itu, sarasehan ini berharap bisa memindahkan titik koordinat elitis (bumi yang datar) menuju ke publik atau semua warga / rakyat sebagai pemegang dan menjadi diskursus publik.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/05/29/peringati-hari-kelahiran-pancasila-mpr-gelar-sarasehan-hadirkan-prof-magnis-hingga-cinta-laura

Tidak ada komentar :

Posting Komentar