Mentan SYL Minta Pemerintah Daerah Optimalkan Peran Puskeswan

Mentan SYL Minta Pemerintah Daerah Optimalkan Peran Puskeswan

ramlihamdani.id, JAKARTA – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) meminta pemerintah daerah untuk mengoptimalkan fungsi Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yang ada di tiap kecamatan.

Untuk tujuan ini, saya ingin meminta SYL untuk mendaftar untuk mendapatkan penawaran gratis dari PMK.

“Keberadaan Puskeswan harus bisa mendeteksi penyakit seperti PMK. Puskeswan kita mendorong untuk berperan optimal sebagai unit terdepan dalam mempercepat proses pelayanan kesehatan,” ujar SYL dalam koordinasi penanganan PMK, Rabu (25/5/22).

Menurut Mentan, keberadaan puskeswan sangat penting untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kontak langsung anatar hewan atau manusia ke hewan.

Selain itu, keberadaan puskeswan selama ini mampu mendekatkan peternak dengan petugas kesehatan hewan.

“Saya yaki puskeswan mampu memberikan pelayanan kesehatan hewan yang optimal untuk meningkatkan kualitas kesehatan hewan dan ternak, sehingga PMK segera dapat diatasi,” katanya.

Namun perlu diketahui bahwa pencalonan Undang-undang No 18 tahun 2009 untuk jabatan Peternakan dan Kesehatan Hewan kini terbuka untuk umum.

Menurut Nasurullah, data Januari 2022 lalu, Indonesia memiliki 1.088 unit Puskeswan yang terdaftar di Indonesia. “Kami memiliki total 89,7 persen properti Puskeswan,” katanya.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/kilas-kementerian/2022/05/26/mentan-syl-minta-pemerintah-daerah-optimalkan-peran-puskeswan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar