KSP Ajak Elemen Kampus dan LSM Berkontribusi dalam Pengurangan Risiko Bencana

KSP Ajak Elemen Kampus dan LSM Berkontribusi dalam Pengurangan Risiko Bencana

Koresponden Tribunnews, Taufik Ismail

ramlihamdani.id, JAKARTA – Deputi II Kepala Staf Kepresidenan RI (KSP) Abetnego Tarigan mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara rawan bencana.

Oleh karena itu diperlukan elemen-elemen kampus dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk mengawal dan menyuarakan isu-isu penanganan bencana di Indonesia.

Abetnego menyebut, per 23 Mei 2022, sudah mencapai 1.613.

Hingga September 2021, ada 121 kematian di Indonesia.

“Risiko bencana kita (Indonesia) sangat besar. Pastinya pemerintah tidak bisa sendirian dalam mengurangi risiko tersebut. Peran masyarakat terutama kampus dan LSM sangat dibutuhkan,” kata Abetnego, di sela-sela agenda Forum Risk Reduction / GPDRR), di Bali, Kamis (26/5/2022).

Baca juga: Bicara di Forum Pengurangan Risiko Bencana PBB, Ketua DPR: Sekarang Saatnya Melakukan Aksi Nyata

Berdasarkan pengalaman dari semua negara, keberhasilan penanganan terletak pada peran masyarakat dan gotong royong seluruh pemangku kepentingan.

Masyarakat ditempatkan bukan sebagai objek, melainkan peserta aktif dalam upaya pengurangan risiko bencana.

Abetnego menjelaskan, keterlibatan elemen masyarakat dalam penanggulangan bencana merupakan salah satu Arahan Presiden Joko Widodo dalam memitigasi bencana.

Hal itupun, imbuh dia, termuat dalam substansi konsep Resiliensi Berkelanjutan, yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada GPDRR.

“Bapak Presiden menilai bahwa setiap negara di dunia memperkuat budaya dan kelembagaan siaga bencana yang antisipatif, responsif, dan beradaptasi jika menghadapi bencana. Tak perlu sinergi antara kelembagaan pemerintahan, serta kelembagaansi.

Presidi diketahui Presiden Joko Widodo mengumumkan kembalinya Resiliansi Berkelanjutan Forum Kebijakan Global Pengurangan Risiko Bencana (Global Platform for Disaster Risk Reduction/GPDRR) ke-7, di Bali, Rabu (25/5).

Resilience Berkelanjutan berkomitmen untuk menyediakan sistem manajemen risiko real-time, dukungan teknis dan implementasi berkelanjutan.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/05/27/ksp-ajak-elemen-kampus-dan-lsm-berkontribusi-dalam-pengurangan-risiko-bencana

Tidak ada komentar :

Posting Komentar