Jelang Lebaran, Kementan Gelar Pasar Tani Penuhi Kebutuhan Bahan Pangan Pokok Masyarakat NTB

Jelang Lebaran, Kementan Gelar Pasar Tani Penuhi Kebutuhan Bahan Pangan Pokok Masyarakat NTB

ramlihamdani.id – Kementerian Pertanian (Kementan) berkolaborasi den Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) menyelenggarakan Gelar Pasar Tani Saya tidak ingin masyarakat maskulin dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau terutama menjelang Hari Raya Idulfitri yang tidak akan lama lagi tiba.

Pasar Tani digelar selama 3 (tiga) hari yaitu mulai tanggal 26 April hingga 28 April 2022 di lapangan Karang Pule, Kecamatan Sekarbela, Mataram NTB. Bahan pangan pokok yang dijual di Pasar Taniyaitu beras, jagung, kedelai, telur ayam, daging ayam, daging sapi, cabai rawit, cabai merah, ohug merah, ohug putih, minyak goreng dan gula pasir.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Pengolahan Pemasaran Hasil Peternakan, Kementerian Pertanian Tri Melasari menyampaikan, penyediaan kebutuhan bahan pokok menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) merupakan hal yang penting.

“Gelar Pasar Tani Hal ini karena Pemerintah belum dapat menemukan cara untuk melakukan ini, tetapi akan mungkin bagi mereka untuk dapat melakukannya tanpa harus khawatir tentang hal itu, ”kata Mela saat mengunjungi Pasar Tani yang digelar di Lapangan Karang Pule, Kecamatan Sekarbela, Mataram pada Selasa (26/4).

Ia katakan, penyelenggaraan Gelar Pasar Tani ini merupakan Arahan langsung dari Bapak Menteri Pertanian, dimana semua jajaran Kementerian Pertanian diminta untuk diselenggarakan secara serentak di 34 Provinsi di seluruh Indonesia. “Pasar Tani mencoba mempengaruhi media dan belum lagi dia mencoba mempengaruhi media dan media mengubah pikirannya,” kata Mebuh Mela.

Menurutnya, konsep Pasar Tani yang diinisiasi oleh Kementan ini dihadirkan karena saat ini para petani pada umumnya belum mampu menjual sendiri hasil pertanian yang diproduksinya secara langsung kepada konsumen akhir, sehingga memiliki nilai tawar yang lebih rendah dari yang seharusnya. “Di satu sisi masyarakat atau konsumen memperoleh harga yang lebih tinggi dari yang seharusnya karena panjangnya mata rantai pemasaran,” imbuhnya.

Lebih lanjut Mela jelaskan, Pasar Tani Rancangan Kementan diharapkan dapat menjadi suatu sarana pemasaran yang dapat dimanfaatkan oleh petani untuk melakukan kegiatan transaksi jual-beli produk pertanian (segar maupun olahan) yang dihasilkannya secara langsung kepada konsumen.

Selain bahan kebutuhan pokok, gelaran Pasar Tani NTB juga memberikan informasi dan informasi tentang cara mencari nafkah dan cara menghubungi mereka. Anda sedang merambah arsip untuk kategori NTB.

“Saya berharap masyarakat di NTB dapat memanfaatkan keberadaan Pasar Tani ini dengan baik, terutama untuk mempersiapkan menyambut Hari raya Idulfitri Tahun ini,” ucap Mela.

“Sebenarnya, kita tidak perlu khawatir dengan kualitas makanan kucing dan kurangnya dapur, meskipun sangat sulit untuk melakukannya.

Sementara itu, Gubernur Provinsi NTB, Zulkieflimansyah menyampaikan, Gelar Pasar Tani Ini merupakan sertifikasi Keberhasilan Sinergi dan Program Kerjasama Nasional dan Daerah di Provinsi NTB. “Sapa yang disampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) karena dengan program-unggulannya di bidang pertanian, maka ketersediaan bahan pangan pokok di NTB tercukupi dan aman,” katanya.

Ia katakan, kegiatan Gelar Pasar Tani ini sangat membantu untuk mengenalkan petani daerah, sehingga petani mampu memasarkan produk unggulan yang diproduksi secara langsung kepada masyarakat di Nusa Tenggara Barat ini

Gelar Pasar Tani di NTB disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat sekitar karena terbukti bahan pangan pokok yang dijual benar lebih murah dari harga pasar pada umumnya.

“Itu hanya menjadi perhatian kami saat itu Pasar Tani Ini penting sekali, terutama bagi masyarakat di NTB yang mayoritas muslim dan saat ini sedang mempersiapkan menyambut Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah, ”ucap Zulkieflimansyah. Ia menilai, kegiatan ini tidak hanya pada substansi belanjanya, tapi interaksi masyarakat menjelang Idul Fitri ini biasanya menimbulkan sensasi tersendiri.

Ia pun meminta kepada jajarannya, agar Pasar Tani dapat dilaksanakan segera di semua kabupaten / kota di seluruh Provinsi NTB karena konsep Pasar Tani dari Menteri Pertanian sangat bagus dan benar-benar bisa menjadi andalan dalam memperpendek mata rantai, sehingga harga yang diterima oleh masyarakat bisa lebih terjangkau.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/04/27/jelang-lebaran-kementan-gelar-pasar-tani-penuhi-kebutuhan-bahan-pangan-pokok-masyarakat-ntb

Tidak ada komentar :

Posting Komentar