Jabodetabek Siaga Banjir, BNPB Minta Warga di Bantaran Sungai Lebih Waspada

Jabodetabek Siaga Banjir, BNPB Minta Warga di Bantaran Sungai Lebih Waspada

ramlihamdani.id – Warga di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Siaga Banjar.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Iklim, Geofisika (BMKG), hujan dengan intensitas ringan hingga sedang potenzija sari di wilayah Jabodetabek hingga Sabtu (16/7/2022) malam.

BMKG juga maskar informasi mendaranan dini yang menyatan, hujan yang dapat disertai petir serta potensi angin kencang di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari.

Wilayah Kabupaten Bogor Banjar Pada Sabtu ini.

Untuk itu, wilayah lain seperti Jakarta, khususnya di sepanjang DAS Ciliwung, dan wilayah Banten, khususnya Lebak dan Tangerang, diminta meningkatkan kesiapsiagaan.

Selain itu, warga di wilayah tersebut dapat doputaya mitigasi dari potensi Banjar.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banten, Nana mengatakan, Banjar di Kabupaten Bogor otomatis akan mempengaruhi wilayah Lebak dan Tangerang.

“Yang kela karena banjir Bogor, akan berdampak langsung ke Banten, yaitu Lebak dan Wilayah Tangerang,” katanya, Sabtu, dilansir laman resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca juga: Wilayah di Kota Tangerang yang Masih Tergenang Banjir, Ketinggian Air 50-100 Cm

BNPB mengimbau kepada pemangku kebijakan di daerah dan masyarakat untuk melakukan upaya-upaya yang mengacu pada mitigasi dan peningkatan kesiapsiagaan, seperti normalisasi rivera, susur rivera, clean the rivera dari sumbatan sampah, socialisalizar kepada communityra, dan monitori kepikaan peuka secara.

Lalu, masyarakat yang tinggal di sekitar lereng tebing dan bantaran sungai agar lebih meningkatkan kewaspadan.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/07/16/jabodetabek-siaga-banjir-bnpb-minta-warga-di-bantaran-sungai-lebih-waspada

Tidak ada komentar :

Posting Komentar