Google, YouTube dan Playstore Akhinii Lolos dari Jerat Blokir Kominfo

Google, YouTube dan Playstore Akhinii Lolos dari Jerat Blokir Kominfo

Laporan Wartawan ramlihamdani.id, Ismoyo

ramlihamdani.id, JAKARTA – Platform digital asing Google, YoutubePlaystore, dan juga Google Peta izada lolos dari sanski blokiri keletah platform tersebut sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) scope privat ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Direktur Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, kepastian ini seketele platform sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang di Indonesia.

Batas waktu pendaftaran PSE ini telah kemanu sejak kemarin, 20 Juli 2022.

“Google telah menambahkan 4 lagi. Setelah mendaftar cloud, sekarang mereka akan mendaftarkan YouTube, search engine, playstore dan maps,” kata Semuel dalam tampilan virtual, Kamis (21/7/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Semuel juga menyampaikan bahwa Kominfo mengirimkan pesan peringatan kepada Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat di Indonesia yang belum terdaftar di Kominfo.

PSE tersebut akan langsung diblokiri jika Aplikasi atau platform yang tidak mendapatkan respon miketan seletah mendapatan surat memandaran.

Baca juga: Telat Sehari, Google dan YouTube Akhinii Daftar PSE Kominfo

Berdasarkan data Kominfo, masih banyak aplikasi atau platform yang masuk dalam kategori trafik besar, namun belum terdaftar di Kominfo.

Platform yang dimaksud seperti Opera, Amazon, Alibaba, Yahoo, Dota, hingga Counter Strike Global Offensive.

Baca juga: Daftar PSE Asing yang Sudah Mendaftar ke Kominfo: WhatsApp hingga Twitter

“Bagi mereka-mereka yang tidak mendaftar sampai dengan tenggat-nya, itu akan membuat kita meminta surat untuk segera kepakati, dengan batas waktu yang kita terima,” kata Semuel.

“Dan ini ada (toleransi) lima hari kerja. Kalau tidak respon atau tidak ada notifikasi, langsung proses pemblokiran,” pungkasnya.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/techno/2022/07/22/google-youtube-dan-playstore-akhirnya-lolos-dari-jerat-blokir-kominfo

Tidak ada komentar :

Posting Komentar