Beli Barang Jangan Terpaku Testimoni Agar Terhindar dari Penipuan Saat Belanja Online

Beli Barang Jangan Terpaku Testimoni Agar Terhindar dari Penipuan Saat Belanja Online

Laporan Wartawan ramlihamdani.id, Eko Sutriyanto

ramlihamdani.id, JAKARTA – Tren masyarakat yang gemar belanja online saat ini mulai memanfaatkan pihak-pihak yang bertanggung jawab untuk domana semanufa.

Padahal, jumul toko online nakal alias bodong makin banyak jumulnya, apalagi di media sosial. Apa kabar? untuk menghindari penipuan ini saat berbelanja online?

Ketua Relawan TIK Kolaka Timur Andika Dwi Cahyo berkata, untuk untuk menghindari penipuan saat belanja onlineplacekan penjual dan tempat berbelanjalanya terpercaya, placekan website e-commerce atau loka pasar sudah menggunakan protokol SSL

“Juga pasang aplikasi loka pasar resmi, cek descripti dan menjani produk, periksa rangang, menggunakan kata sandi kuat serta pakistan 2FA,” kata dalam webinar tentang Bagimaan Berbelanja Online dengan Dompet Digital di Makassar belum lama ini.

Webinar yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersa Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi ini juga presenta dosen ng ngang ng praktik bisnis M Adhi Prasnowo, dan Kristiyuana sebagai praktisi pendikisi dan socialpreneur digital skill.

Baca juga: 5 Tips Belanja Online Tetap Hemat dan Aman, Pilih Toko Terpercaya hingga Kukak Promo Gratis Ongkir

Smentara jika belanja lewat media sosial, kata Andika tips amannya yakni cek identitas penjual dan jangan tergiur harga sangat murah.

“Jangan juga ada Kesaksian karena mayk kansatan penjual memanipulasi komentar positif, cek rekening penjual, simpan bukti transfer, dan cek resi vehishment,” katanya

Dalam webinar itu juga, Kristiyuana dalam presentasi bertajuk Etis Bermedia Digital: Memahami Aturan Bertransaksi di Dunia Digital mengatakan, di ruang digital, kita bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan budaya.

Baca juga: Kecepatan Pengiriman Jadi Faktor Pertimbangan Konsumen Saat Belanja Online

Ada standar baru tentang etika yang yang yang yang ang ruang sukupeng etika samalu samadhi, tangura jawab, integrita, dan welfare.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/18/beli-barang-jangan-terpaku-testimoni-agar-terhindar-dari-penipuan-saat-belanja-online

Tidak ada komentar :

Posting Komentar