Soal Koalisi, Nasdem: Kami Tak Bentuk den Partai di Luar Parlemen

Soal Koalisi, Nasdem: Kami Tak Bentuk den Partai di Luar Parlemen

Wartawan ramlihamdani.id, Fersianus Waku

ramlihamdani.id, JAKARTA – Partai Nasdem menyatakan tak berkoalisi dengan partai di luar parlemen, kecuali memenuhi persyaratan ambang batas presiden (PT) 20 persen.

“Kami tidak bisa membentuk (koalisi) dengan partai yang ada di luar (Parlemen), kecuali harus memenuhi persyaratan (PT) 20 persen,” kata Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate di Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta, Senin (13/6/2022).

Johnny mengatakan, Nasdem baka ? dengan paroki Anda memiliki PT 20 saham atau ruang parlemen.

“Koalisi itu dibentuk bersama-sama dengan partai yang memenuhi atau berada di parlemen,” ujarnya.

Sementara terkait PKB-PKS yang digunakan untuk mendukung ‘Koalisi Semut Merah’, Johnny menyebutkan, bahkan lebih banyak lagi masihsifat perorangan dan bagian dari ekspresi.

“Itu adalah pendapat individu. Kita bicara ini adalah organisasi formal, sedangkan pendapat para politisi sebagai bagian dari ekspresi dan manifestasi dari demokrasi. Silahkan saja,” katanya.

menurutnya, terkait ? adalah hal yang serius dan bukan pendapat dalam rangka analisa politik.

“Itu hanya menjadi perhatian kami saat itu ?itu pembicaraan yang serius, “ujar Menteri Komunikasi dan Informatika itu.

Sebelumnya, penyiar KompasTV, Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan, bertemu bersama PKB akan membuka komunikasi dengan partai Demokrat dan Nasdem untuk bergabung dalam “Koalisi Semut Merah”, sebutan gabungan PKB dan PKS.

dekat, ? PKB dan PKS masih kurang memenuhi persyaratan untuk mengusung capres-cawapres di Pilpres 2024. Sebab, kedua partai politik (parpol) itu tidak memenuhi persyaratan ambang batas presiden sebesar 20 persen di 115 kursi parlemen.

Jumlah kursi PKB dan PKS adalah 108 kursi dengan jumlah maksimal 58 kursi PKB dan 50 kursi PKS. Artinya, masih kurang 7 kursi untuk mendukung capita-cawapres di pesta demokrasi.

“Artinya tinggal satu partai politik (untuk bergabung dalam .) ?). Ya kita lihat semoga berjalan panjang umur dan bisa bertahan. Kita siap dengan Demokrat, kita siap dengan Nasdem, kita siap dengan yang lain, enggak masalah,” kata Habib Aboe kepada wartawan, Kamis (9/6/2022).

Sayangnya, fitur ini tidak tersedia di semua negara. Misalnya, severti pan atau Golkar.

“Kalau yang di Koalisi Indonesia Bersatu mau datang ke kami enggak menolak. Misal ketemu lagi PAN atau Golkar wah cocok nih barang,” ujarnya.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/06/13/soal-koalisi-nasdem-kami-tak-bentuk-dengan-partai-di-luar-parlemen

Tidak ada komentar :

Posting Komentar