Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 92,3 Triliun Untuk Ketahanan Pangan 2022

Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 92,3 Triliun Untuk Ketahanan Pangan 2022

Wartawan ramlihamdani.id, Dennis Destryawan

ramlihamdani.id, JAKARTA – Pemerintah menggelontorkan anggaran Rp 92,3 triliun per sektor ketahanan pangan tahun 2022.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Kacaribu memaparkan, anggaran tersebut, tersebar di chemist and berbagai program terngit denanging produngtiv pangan nasional.

“Setiap anggaran ketahanan pangan jumlahnya Rp92 triliun,”ujar Febrio saat FGD Partai NasDem di Jakarta Rabu (8/6/2022). FGD dalam rangkaian kegiatan Rakernas NasDem 2022 pada 15-17 Juni di JCC.

Menurut Febrio, ketahanan pangan nasional sudah lebih baik. Terutama jika dibandingkan dengan banyak negara lain. Namun, Indonesia masih dipertahankan untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional.

“Kita bisa lebih baik lagi menghadapi risiko dan kita juga bisa meningkatkan produktivitas,” imbuh Febrio.

Baca juga: Bank Dunia Prediksi Perekonomian Global 2022 Suram Akibat Perang, Stagflasi, dan Krisis Pangan

Kebijakan tehanan pangan pada 2022, yakni melalui peningkatan keterjangkauan dan kecukupan pangan, peningkatan produktivitas dan pendapatan petani dan nelayan.

Kemudian, peningkatan pangan dan kualitas gizi, perbaikan iklim usaha dan daya saing, pengembangan kawasan sentra produksi pangan (food estate), serta penguatan sistem pangan berkelanjutan.

Baca juga: Tinjau Lahan Sorgum di Sumba Timur, Presiden Jokowi Ingin Ada Diversifikasi Pangan

Saat ini, kata Febrio, anggaran ketahanan pangan yang ada di Kementerian Pertanian mencapai Rp125,2 triliun. Selain itu beberapa program yang dilakukan pemerintah untuk memperkuat ketahanan pangan nasional. Kemudian anggaran di daerah yang mencapai Rp1,9 triliun.

“Beberapa agenda ketahanan pangansubsidi pupuk Rp 23 triliun tahun ini dan mungkin akan meledak dengan harga meningkat tapi kita siap untuk bix tahun depan sesuai dengan mekanisme, “tuturnya.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/09/pemerintah-siapkan-anggaran-rp-923-triliun-untuk-ketahanan-pangan-2022

Tidak ada komentar :

Posting Komentar