Menperin Buka Celah Ekspor Produk Komponen Kendaraan ke Jepang

Menperin Buka Celah Ekspor Produk Komponen Kendaraan ke Jepang

Dilansir Tribunnews, Lita Febriani

ramlihamdani.id – Industri Otomotif Indonesia sedang menggalakkan Industri Kecil Menengah (IKM) dalam rangka menciptakan pujian atau bahkan lebih, untuk memiliki pengalaman yang lebih baik dan lebih produktif.

Dari sekitar 30.000 jenis suku cadang atau parts for mobile, sebesar 15 persen atau 4.500 jenis komponen tertusuk dipasok dari IKM.

Namun, saat ini baru sekitar 900-an jenis komponen yang sudah dipasok IKM. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan proporsinya, seperti melalui forum business or business matching dengan harapan untuk lebih mengenalkan kemampuan IKM komponen otomotif.

Baca juga: Cara Merawat Rem Tromol Sepeda Motor, Pentagon Compartment atau Kerap Diabaikan

Kementerian Perindustrian memfasilitasi kerja sama antara pelaku industri otomotif Indonesia dan untuk bersama menciptakan inovasi produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar global saat ini.

Ini link langsung ke “Indonesia-Japan Autoparts Business Forum” yang diselenggarakan oleh Menteri Perindustrian di Jepang.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan untuk dapat mendukung masyarakat Indonesia dan Jepang yang ada di sini hari ini, dan memberi mereka keberuntungan dalam usahanya. Agus Gumiwang Kartasasmita dalam acara tersebut yang berlangsung di Nagoya, Jepang, Senin (27/6/2022).

Di akhir forum, Menperin Mengemukakan, industri telah mampu meningkatkan pangsa pasarnya pada tahun ketiga tahun 2022 dengan mampu tumbuh dua digit, yakni 14,2 persen. Capaian ini melampaui pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,01 persen.

“Menurut kontraktor industri PDB, di Indonesia tahun ini telah mampu memproduksi 21 industri periferal di bidang kendaraan bermotor, dengan potensi produk hingga 2,35 per unit per tahun,” ujarnya.

Pemerintah menggunakan kompen otomotif IKM yang sama dan sebagai strategi prioritas dalam rantai pasokan otomotif global.

Baca juga: Astra Komponen Gandeng Transmart untuk Pasarkan Produk

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/28/menperin-buka-celah-ekspor-produk-komponen-kendaraan-ke-jepang

Tidak ada komentar :

Posting Komentar