Kemenkes Kaji Pembukaan Akses Penelitian Ganja untuk Tujuan Medis di Indonesia

Kemenkes Kaji Pembukaan Akses Penelitian Ganja untuk Tujuan Medis di Indonesia

Wartawan ramlihamdani.id, Rina Ayu

ramlihamdani.id, JAKARTAKementerian Kesehatan (Kemenkes) RI buka suara terkait kemungkinan penggunaan ganja mendukung pengobatan Indonesia.

Juru Bicara Kemenkes RI Mohammad Syahril menyatakan, sedang mengkaji pembukaan akses penelitian manfaat ganja untuk terhubung dengan Tanah Air.

Meski demikian, ia tak menyebut rinci gambaran penelitian yang akan dilakukan.

“Kemenkes sedang mengkaji untuk membuka akses penelitian ganja untuk tujuan medis,” ujar dr Syahril saat dikonfirmasi, Selasa (28/6/2022).

viralnya ganja untuk kebutuhan medis berawal dari unggahan penyanyi Andien yang memainkan aksi seorang ibu saat Car Free Day Jakarta.

Perempuan bernama Santi itu membawa pesan tertulis “Tolong Anakku Butuh Ganja Medis”.

Baca juga: KATA Pakar Hukum Dukung Ganja Legal untuk Kepentingan Kesehatan dan Ilmu Pengetahuan

Terlihat Santi bersama sang anak tericin, Fika yang mengalami Celebral Palsy berada di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia.

Dalam kesempatan yang berbeda, Koordinator Tim Ahli Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol (Pur) Ahwil Luthan menegaskan, sampai saat ini Indonesia belum memiliki wacana untuk membahas legalisasi tanaman ganja sekalipun untuk keperluan medis.

“Suara pemerintah RI menolak,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (27/6/2022).

Baca juga: Dasco Bertemu Santi Warastuti, Ibu yang Perjuangkan Legalisasi Ganja untuk Pengobatan Anaknya

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/06/28/kemenkes-kaji-pembukaan-akses-penelitian-ganja-untuk-tujuan-medis-di-indonesia

Tidak ada komentar :

Posting Komentar