Terkenal Terjal dan Rawan, Wisatawan Diminta Tidak Lewat Jalur Cinomati Bantul DI Yogyakarta

Terkenal Terjal dan Rawan, Wisatawan Diminta Tidak Lewat Jalur Cinomati Bantul DI Yogyakarta

ramlihamdani.id, BANTUL – Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul dan Polres Bantul mengimbau agar wisatawan tidak melewati jalur Cinomati.

Cinomati merupakan jalur alternatif untuk menuju ke berbagai lokasi wisata di Kapanewon Dlingo, namun jalur ini memiliki karakteristik terjal berupa jalan naik dan menikung.

Baca juga: Xenia and Pajero Adu Banteng di Jalan Raya Puncak Bogor, Seorang Tewas, Polish Jelaskan Kronologinya

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul Singgih Riyadi memaparkan, seluruh wisatawan terkhusus bus wisata diimbau untuk tidak melalui jalur Cinomati karena kerawanannya.

“Jalur yang diimbau untuk tidak dilewati adalah jalur Cinomatiitu paling utama, “ungkapnya Selasa (3/5/2022).

Namun demikian, mengizinkan wisatawan untuk menggunakan jalan Imogiri-Mangunan.

Di jalur tersebut juga telah melengkapi dengan rambu peringatan yang berisi agar kendaraan melintas dengan rendah.

Baca juga: Lalu Lintas Mudik Lebaran 2022 Tercatat Sebagai Rekor Tertinggi

“Kalau cinomati medannya curam, kemudian lebar jalan juga tidak mendukung untuk dua arah, banyak kelokan dan kalau malam hari belum dilengkapi secara lengkap sarana penerangan jalan. Sehingga sangat rawan terjadi kecelakaan ketika bus besar melewati sana,” ungkapkan.

Sebagai antisipasinya, menempatkan petugas di sana selama libur Lebaran. Dishub Bantul akan menikmati dan jalur alternatif selain melewati Cinomati.

Wisatawan akan diarahkan lewat jalan Imogiri timur kemudian mengambil arah Imogiri-Mangunan untuk memberikan tujuan yang diinginkan di Kapten Dlingo.

Diketahui di Kapanewon Dlingo banyak berdiri wisata hutan pinus, seperti Puncak Becici, Hutan Pinus Pengger dan Pinus Sari.

Adapun jalur tersebut tidak terlalu ekstrem meski di sana juga banyak tanjakan dan tikungan.

“Demi antisipasi, mulai dari simpang tiga saya menuju Dlingo kami menyiapkan peringatan agar memakai rendah, jika dari jalan yang layak, dan kemarin memang uji coba dengan organ, bus besar melewati jalur tersebut tidak masalah,”

Hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk sampai ke kanan dan memestikan kendaraan untuk menyangganya. Selain itu pengemudi juga harus dipastikan sehat. Dengan demikian, jalur tersebut akan aman untuk dilalui.

Artikel ini oleh TribunJogja.com dengan judul Wisatawan Diminta Tidak Lewat Jalur Cinomati Bantul DI Yogyakarta

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/regional/2022/05/03/terkenal-terjal-dan-rawan-wisatawan-diminta-tidak-lewat-jalur-cinomati-bantul-di-yogyakarta

Tidak ada komentar :

Posting Komentar