Kementerian Kesehatan: 95 Persen Jemaah Haji Indonesia Sudah Suntik Vaksin Covid-19 Dosis Lengkap

Kementerian Kesehatan: 95 Persen Jemaah Haji Indonesia Sudah Suntik Vaksin Covid-19 Dosis Lengkap

Wartawan ramlihamdani.id, Rina Ayu

ramlihamdani.id, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memastikan, 95 persen calon jemaah haji telah divaksinasi dosis lengkap Covid-19.

“Di ibu kota Arab Saudi, ada standar ganda, dengan total 95 persen, yang dibagi menjadi dua lusin negara bagian,” kata Sekjen. Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nugara dirancang oleh Petugas Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Bidang Kesehatan Arab Saudi 2022, Selasa (31/5/2022).

Kunta menyebutkan, pemerintah juga terus mengupayakan pemberian vaksiansi booster kepada seluruh jalamaah dalam rangka meningkatkan imunitas jemaah haji.

“Booster sekarang sudah mencapai 74 persen, harapannya mungkin bisa 90-an persen, tambahnya.

Jelang keberangkatan jemaah haji ke Tanah Suci, Kementerian Kesehatan bersama pemangku kepentingan terkait terus menggalakkan vaksinasi booster Ke-13 KBRI tersebut antara lain Aceh, Medan, Padang, Batam, Palembang, Jakarta, Bekasi, Solo, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, dan Lombok.

“Dalam embarkasi-embarkasi, kita bekerja sama dengan Pemda, Dinkes dan TNI untuk mendukung vaksinasi boosterthis kita dorong terus untuk ditingkatkan dan dipercepat, ”ujarnya.

Tahun ini penyelenggaraan ibadah haji kembali dibuka setelah sempat terhenti selama 2 tahun karena pandemi Covid-19.

Baca juga: Komisi VIII DPR Setuju Penambahan Anggaran Rp 1,5 Triliun Untuk Biaya Operasi Haji

Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengumumkan, pada musim ibadah haji tahun ini ada 2 syarat yang harus dipenuhi oleh calon jemaah yaitu jemaah di bawah 65 tahun dan telah mendapatkan vaksinasi primer Covid-19 yang diakui Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/05/31/kementerian-kesehatan-95-persen-jemaah-haji-indonesia-sudah-suntik-vaksin-covid-19-dosis-lengkap

Tidak ada komentar :

Posting Komentar