Kemandulan Bisa Terjadi Pada Pria, Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Kemandulan Bisa Terjadi Pada Pria, Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Wartawan ramlihamdani.id, Rina Ayu

ramlihamdani.id, JAKARTA –Kemandulan atau ketidaksuburan Selama ini identik sebagai masalah pada perempuan.

Padahal berdasarkan data, lebih dari 50 persen penyebab kemandulan justru dari pria.

Untuk melakukan ini, Anda perlu mencari tahu berapa banyak sperma yang dapat Anda hasilkan.

Baca juga: Apa Saja Faktor Keberhasilan Bayi Tabung? Ini Kata Dokter Fertilitas

Sehingga jika terjadi sesuatu yang perlu dilakukan terapi dapat ditindaklanjuti sedari dini.

Dokter Spesialis Antropologi dari Unair Supardi ini, faktanya Anda bisa mendapatkan banyak informasi tentang infeksi infertilitas, herpes genital, herpes genital, herpes genital, herpes genital dan herpes genital.

“Varikokel punya banyak uang yang bisa digunakan untuk infertilitas. Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah vena di testis pria. Penyebab varikokel itu sendiri masih belum diketahui secara pasti. “Itu hanya menjadi perhatian kami saat itu.

Ilustrasi infertilitas
Ilustrasi infertilitas (berita medis hari ini)

Pelebaran pembuluh darah vena di area itu menyebabkan suhu testis dan kotoran seperti karbon dioksida meningkat. Sehingga kualitas dan kuantitas produksi sperma pun akan menurun.

Masalah gaya hidup juga diakui dokter Supardi sebagai pemicu ketidaksuburan. misalnya, menurunkan jumlah dan daya hidup sperma. Konsumsi alkohol dalam waktu lama juga menurunkan kesuburan pria.

“Kasus kemandulan Merujuk pada pasangan suami istri yang sudah melakukan hubungan secara normal tanpa kontrasepsi selama lebih dari setahun, namun belum juga ada tanda-tanda kehamilan,” jelasnya.

Baca juga: Hasil Penelitian, Infeksi Covid-19 Pengaruhi Kesuburan Pria, Benarkah Virus Corona Picu Kemandulan?

Jika demikian, ada salah satu yang tidak beres atau kurang dari kedua belah pihak pasutri. Agar dapat ditundukkan, produk sperma harus dilihat dan dimasak. Mulai dari bekerjanya testis secara normal, kondisi hormonal yang seimbang dan cukupnya jumlah sperma setiap kali ejakulasi.

Lebih lanjut dokter Supardi menjelaskan, pria yang terindikasi mengalami gangguan kesuburan dapat dicapai dengan dokter spesialis. Dokter, akan melakukan anamnesa dan melakukan pengecekan kualitas sperma.

“Analisis sperma ditujukan untuk melihat kualitas sperma dan berbagai gangguannya. Pemeriksaannya dilakukan secara makroskop dan mikroskop,”jelasnya.

Hasil analisis sperma, lanjutnya, akan meliputi jumlah sel-sel sperma dalam air mani, volume, konsentrator sel-sel sperma normal, warna, kekentalan, motilitas serta morfologi sperma.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/kesehatan/2022/05/31/kemandulan-bisa-terjadi-pada-pria-ini-penyebab-dan-cara-mencegahnya

Tidak ada komentar :

Posting Komentar