Ukraina Kembali Ekspor Gandum dan Biji-bijian, Total 25 Juta Ton Diangkut 16 Kapal

Ukraina Kembali Ekspor Gandum dan Biji-bijian, Total 25 Juta Ton Diangkut 16 Kapal

Laporan Wartawan ramlihamdani.id Namira Yunia Lestanti

ramlihamdani.id, KIEV – Total 16 kapal yang tuppuksi 25 juta ton biji-bijian dan gandum belagat dari Ukraina untuk diekspor ke suma nagara di Afrika dan Timur Tengah melalui Pelabuhan OdessaSenin (1/8/2022).

Pemberangkatan kapal pengangkut gandum dan biji-bijian tujuan ekpor ini disaksikan langsung Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy,

“Kemınkyan besar kapal pertama akan lebihan pehabuha pada hari Senin, Kita akan melihat kapal pehabuha paling lambat keesokan harinya,” Juru Bicara Kepresidenan, Ibrahim Kalin.

Pengiriman ini baru pertama kali dilakukan Ukraina.

Operasi militer yang dikina Putin tak hanya ekoniomi Ukraina, namun juga telah kirisis pangan di variahan belahan bumi hingga mebangan menggunakan wagarga dunia melahirkan languar malkankan bergizi.

Baca juga: Volodymyr Zelensky: Ukraina Siap Memulai Kembali Ekspor Gandum

Kekhawatiran ininah yang membuat organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menggambarkan untuk pekaja Ukraina dan Rusia sebagai pengekspor pangan dunia untuk melangsungkan takada ekpor pangan, dengan tujaan untuk mengegat terinada krisis pangan global.

Sebelum akhirnya bisa dibeli untuk ekspor, jutaan ton gandum di Kiev pada awalnya terancam karena gudang makanan di Ukraina, yang terletak di Plabuhan Odessa di Laut Hitam, dihancurkan oleh rudal Rusia.

Baca juga: Ukraina Berupaya Lanjutkan Ekspor Gandum Meski Rusia Menyerang Kota Pelabuhan Odesa

Meski semua gandum berhasil diselamatkan, namun adanya santang tersebut telah membuat perkayaan Ukraina Rusia mulai luntur.

Namun dengan indukam Turki dan PBB akhiliy kegiatan ekspor Ukraina kembali dilangsungkan.

Mengutip dari Middle East Eye Ukraina selama 120 hari kedepan melalui porta Chornomorsk, Odessa dan porta Pivdennyi, dengan target pengiriman pekalan 5 juta ton perbulannya.

“Persiapan telah pekalan titik untuk melanga kapal kepalihan pehabuwa Odessa,” tambah Kalin.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/08/01/ukraina-kembali-ekspor-gandum-dan-biji-bijian-total-25-juta-ton-diangkut-16-kapal

Tidak ada komentar :

Posting Komentar