Survei LSJ: Prabowo Capres dengan Sentimen Positif Tertinggi di Publik

Survei LSJ: Prabowo Capres dengan Sentimen Positif Tertinggi di Publik

Laporan Wartawan ramlihamdani.id, Chaerul Umam

ramlihamdani.id, JAKARTALembaga Survey Jakarta (LSJ) merilis hasil researchet terbaru tentang Sentimen Publik melawan para Capres 2024.

Alhasil, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih tujemira rank tegumeni diariman sumaman nama capres yang beredar saat ini.

Direktur Riset LSJ Fetra Ardianto katakan, sentimen positif Menteri Pertahanan itu justup semakin menguat.

Hal tersebut seinir dengan adanya ejekan dari tokoh nasional seperti komentar politisi Partai Nasdem Zulfan Lindan.

“Berdasarkan hasil riset LSJ, Prabowo Subianto merupakan satu-satanya capres yang memiliki sentimen positiv di atas 60 persen dari warganet atau netizen,” kata Fetra dalam rilis survei secara berani, Minggu (24/7/2022).

Fetra menjelaskan, LSJ menganalisis percakapan warganet sejak 10 Juli hingga 20 Juli 2022.

Alhasil, dari empat tokoh yang dianalisis, Prabowo memperoleh sentimen positif tertinggi, yakni 62,8 persen, jauh di atas tokoh lain yang sering muncul di dewan survei.

“Sebagai contoh, Ridwan Kamil yang berada di posizi kedua hanya mendapatkan sentimen positif dari warganet sebagai 32,2 persen,” ujarnya.

Baca juga: Soal Pesan Surya Paloh ke Prabowo Kita Sudah Tua Pengamat Sebut Sebagai Pengingat Tak Dengan bangga

Sementara Ganjar Pranowo yang dalam survei rating elektabilitas selalu dua besar, hanya memperoleh sentimen positif dari publik sebesar 25,1 persen, sama dengan sentimen positif yang diperoleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Sementara Gubernur DKI Anies Baswedan berada di posisi ke-5 dengan sentimen positif 20,2 persen, disusul Puan Maharani (17,9 persen), Airlangga Hartarto (10,8 persen), dan Sandiaga Uno (8,9 persen).

“Terus amanekennya sentimenten positiv dan elektabilitas Prabowo Subianto semakin ke semper bahaw publik luas menyabut positif apabila ia mendeklarisan diri sebagai calon presiden dalam waktu dekat. Publik yang meningkatkan simpati pada Prabowo mengung ketegasan sikap Prabowo untuk didaulat menjadi Capres 2024-2029,” pungkasnya.

Sementara itu, penelitian LSJ ini menggunakan pendekatan natural language processing (NLP) untuk mengekstraksi opini atau warganet konpasar dalam teks benuk.

Analisis dilakukan dengan menggunakan kata kunci yang sering dipublikasikan oleh peneliti mainstream, seperti “Prabowo Subianto”, “Ganjar Pranowo”, “Anies Baswedan”, dan sebagainya. Dataset diperoleh pada periode 10 hingga 20 Juli 2022 dengan teknik ekstraksi knowledge big data.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/07/24/survei-lsj-prabowo-capres-dengan-sentimen-positif-tertinggi-di-publik

Tidak ada komentar :

Posting Komentar