Survei LSI Denny JA: Netizen Memegang Peran Kunci untuk Pemenangan Pilpres 2024

Survei LSI Denny JA: Netizen Memegang Peran Kunci untuk Pemenangan Pilpres 2024

ramlihamdani.id, JAKARTA – Survei terbaru LSI Denny JA pada awal Juli 2022 mekan sua komunitas digital alias netizen memiliki potensi besar besahlu hasil Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Kantong suara komunitas digital ini disadingankan dikantong suara besar lainnya yang sudah ada dan juga melikum influen dalam Pilpres, yakni kantong suara wong cilik dan kantong suara pemilih Islam.

Direktur CPA-LSI Denny JA, Ade Mulyana Mengatakan hasil survei terbaru LSI Denny JAsaat ini pertama plini dalam sejarah, dua tahun penang Pilpres 2024komunitas digital atau yang biasa diketup netizen ini jumlannya sudah 50 persen lebih untuk penguang Facebook.

Kemudian, untuk pengguna WhatsApp dan grup WhatsApp mencapai 60 persen.

“Nah jadi dengan jumla yang di atas 50 persen ini, maka kami kategorikan bahwa netizen ini adalah kantong suara besar baru samping kantong-kantong sua besar yang yang, misalya, kita kantong sua besar dari wong small dan juga pemilih Muslim,” dia kata Ade Mulyana dalam diskusi virtual XYZ+ bertajuk ‘Netizen Menentukan Penetapan Pemenang Pilpres 2024’ yang Sabtu (16/7/2022).

Baca juga: Politikus Golkar: KIB Itu Kerja Sama Politik untuk Pilpres, Pileg, dan Pilkada

Dia menjelaskan, untuk survei nasional, pihaknya akan lebih memperhatikan pengumpulan data dan data detail di lapangan tentang potensi masing-masing pengguna platform media sosial tersebut, antara lain Instagram, YouTube, Twitter, dan TikTok.

Fenomena munculnya kontung suara baru yang potensial yakni komunitas digital sebagai penentu dalam pemilu juga tadari di Filipinadi mana putra mantan diktator Ferdinand Marcos, yakni Ferdinand Marcos Jr berhasil memenangkan pemilu dan menjadi orang nomor satu di Filipinaberkat kampanye digital yang masif.

Menurutnya, ada dua kesamaan kondisi Indonesia dan Filipina.

Baca juga: Survei Indopol: Hasil Simulasi Empat Poros pada Pilpres 2024, Anies-AHY Raih Suara Tertinggi

Pertama, Filipina Di era Marcos, pemerintah dibilang masa diktator.

Indonesia juga peranah temenin masa Orde Baru, jaman Soeharto.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/07/17/survei-lsi-denny-ja-netizen-memegang-peran-kunci-untuk-pemenangan-pilpres-2024

Tidak ada komentar :

Posting Komentar