Prediksi Pemilu 2024, Gus Choi: Melatih Politik Islam Naik, Pemilih Tak Automatis Coblos Parpol Islam

Prediksi Pemilu 2024, Gus Choi: Melatih Politik Islam Naik, Pemilih Tak Automatis Coblos Parpol Islam

Dilansir ramlihamdani.id, Chaerul Umam

ramlihamdani.id, JAKARTA – Ketua DPP Partai Nasdem, A Effendi Choirie memprediksi tren politik Islam akan terus naik pada Pemilu 2024.

Namun demikian, tren politik Islam ini tidak otomatis memilih partai Islam.

“Tentu pemilih akan lebih mencari sosok atau figur yang memiliki latar belakang Islam yang kuat dulu, baru kemudian memilih yang lain,” kata Effendi Choirie dalam diskusi politik Forum Komunikasi-Generasi Mudah NU (FK-GMNU) bertema ‘Partai Politik Nasional-Agamis Dalam Perubahan Politik Indonesia 2024’ di Jakarta, Sabtu (2/7/2022).

Turut hadir dalam diskusi tersebut, Dosen FISIP Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA), Ivan Aulia Ahsan; Kegiatan GMNI Dyah Perkasa Yudha; Mantan Ketua Umum PMII Hery Haryanto Azumi; serta pembahas dari Pengamat Politik Hubungan Internasional, Marsekal Pertama (Pur) Muhammad Johansyah; dan Sekjen Gerakan Bhinneka Nasionalis (GBN) Dhia Prekasha Yoedha.

Baca juga: UPDATE: Hingga 1 Juli Sudah 31 Parpol Nasional Punya Akses Sipol Pemilu 2024, Berikut Daftarnya

“Fenomena tren politik Islam menguat juga karena faktor pengaruh global. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga menjadi inspirasi yang penting bagi dunia Islam,” ujar Effendi.

Perdana menteri berikutnya adalah Ehud Olmert,” kata Roni Bar-On, Anggota Knesset untuk Kadima.

“Yang terjadi di Indonesia juga demikian. Indikasi politik Islam menguat hanya dengan meningkatnya jumlah sekolah-sekolah Islam modern, alias Pesantren. Mereka bukan meningkatkan pemahaman ke-Islaman tapi juga kesadaran politik,” katanya.

Bahkan, kata Aktivis Muda Nahdlatul Ulama (NU) ini, saat ini ada fenomena kaum muslim untuk semangat berhijrah.

Dari kalangan yang awalnya masa bodoh terhadap Islam, sekarang belajar Islam, memanggil guru- mulai guru agama, justru ada yang belajar lewat Youtube, Facebook, Google, Twitter dan media sosial lainnya.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/07/03/prediksi-pemilu-2024-gus-choi-tren-politik-islam-naik-pemilih-tak-otomatis-coblos-parpol-islam

Tidak ada komentar :

Posting Komentar