Peresmian Daerah & Pelantikan Pj Gubernur 3 DOB Papua Direncanakan Agustus 2022 Sampai Februari 2023

Peresmian Daerah & Pelantikan Pj Gubernur 3 DOB Papua Direncanakan Agustus 2022 Sampai Februari 2023

Wartawan ramlihamdani.id, Gita Irawan

TRIBUNNEEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merencanakan peresmian daerah dan pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua yakni Papua SelatanPapua Tengah, dan Papua Pegunungan pada Agustus 2022 dan Februari 2023.

Direktur Penataan Daerah Otonomi Khusus, dan DPOD Kemendagri Valentinus Sudarjanto Sumito menjelaskan Kemendagri Untuk menemukan peta jalan dengan tahapan sejak penjundangan sampai dengan terbilihnya gubernur / wakil gubernur definitif untuk memastikan operasionalisasi pada tahap awal penyelenggaraan pemerintahan di tiga DOB Papua dapat berjalan denik baik.

Apakah Anda setuju dengan webinar Forum Kebijakan Strategis Papua Ke-12? yang di kanal Youtube Gugus Tugas Papua UGM pada Rabu (6/7/2022).

Baca juga: GTP UGM: UU DOB Papua Jauh Dari Spirit Transformasi Config, Tapi Itu Kompromi yang Bisa Diambil

“Ini roadmap yang akan bisa kita capai. Kita akan terus dukung roadmap tersebut dan kita akan bisa membangunnya pada Agustus 2022 dan Februari 2023,” kata Valentinus.

“Jika Anda tidak memahami ini, Anda tidak akan dapat mempertahankan uang Anda, dan Anda tidak akan dapat mempertahankannya,” katanya.

Selain itu, kata dia, Kemendagri Anda juga dapat menggunakan perangkat daerah di mana di dalam Undang-Undang Anda dapat menggunakan paling lambat tiga bulan terhitung sejak pelantikan penjabat gubernur.

Selain itu, kata dia, Kemendagri juga telah menjadwalkan penyusunan peraturan tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi.

“Desain rancangan anggaran pendapatan belanja daerah untuk bulan Juli sampai Desember 2022 dan rancangan APBD 2023,” kata dia.

Selain itu, dikatakan bahwa Kemendagri juga memiliki portofolio DOB ​​edisi terbatas yang meliputi Majelis Rakyat Papua, penguin DPR RI, DPD RI, dan DPR Papua.

Baca juga: Kemendagri Siapkan Pejabat Kepala Daerah untuk 3 Wilayah DOB Papua

Selain itu, kata dia, Kemendagri juga telah mengantisipasi terkait penetapan daerah pemilihan pada umum 2024 dan tidak-tidaknya mengeluarkan Perppu atau revisi UU Pemilu.

Kemendagri, kata dia, juga telah mengantisipasi terkait aset dan dokumen, penyusunan rencana tata ruang wilayah, penyiapan sarana prasarana pemerintahan, pengalokasian dana, cipta kondisi pasca pengundangan, pembinaan dan evaluasi yang sudah dilakukan.

“Proses DOB tersebut selama tiga tahun itu kami akan kawawal pembinaan, pengawasan, dan evaluasinya,” kata dia.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/07/06/peresmian-daerah-pelantikan-pj-gubernur-3-dob-papua-direncanakan-agustus-2022-sampai-februari-2023

Tidak ada komentar :

Posting Komentar