Perangang Wearable Hadir Sebagai Solusi Mengatasi Ganguan Tidur

Perangang Wearable Hadir Sebagai Solusi Mengatasi Ganguan Tidur

Laporan Wartawan ramlihamdani.id, Eko Sutriyanto

ramlihamdani.id, JAKARTA – Penelitian terbaru dilakukan Galaxy Watch 4 Berpotensi alat untuk mengukur OSA (Obstructive Sleep Apnea) yang akurat.

Obstructive Sleep Apnea (OSA) adalah gangguan tidur.

OSA ditandai dengan obstruksi jalan napas, yang menyebabkan napas berhenti selama beberapa detik, baik seluruhnya atau sebagian.

Akibatnya, pengidap akan mensak oksigen dan berkali-kali terjaga, bakan terbangun karena merasa tercekik.

Studi yang diterbitkan oleh jurnal medis National Sleep Foundation Sleep Health yang memantau 97 orang dewasa dengan gangguan tidur dan menyimpulkan bahwa alat ini dapat membantu mengatasi mahalnya biaya alat ukur tradisional.

Baca juga: Idap Pernyakit, Ruben Onsu Akui Takut Mati: Ketika Udah Kebangun Gue Gak Mau Tidur Lagi

Galaxy Watch 4 dilengkapi dengan modul oksimeter pulsa reflektansi yang menjaga kontak dengan kulit pengguna jam pintar Digunakan.

Sensor SpO2 juga terdiri dari empat fotodioda yang mendeteksi cahaya yang dipantulkan dan menangkap sinyal PPG pada frekuensi sampling 25Hz melalui Kesehatan Tidur.

Studi ini menemukan bahwa perangkat yang dikenakan di pergelangan tangan, seperti Galaxy Watch4, akurat dalam mengukur jumlah oksigen secara terus menerus dalam uji coba pasien dan memungkinkan peneliti untuk melakukan skrining OSA dengan menganalisis data yang dikumpulkan melalui perangkat.

Tim peneliti gabungan Samsung Medical Center dan Samsung Electronics membandingkan pengukuran SpO2 Galaxy Watch4 dengan metode pemantauan tidur tradisional, termasuk pengukuran SpO2 polisomnografi (PSG) dan tingkat sleep apnea yang digunakan dalam pengobatan tidur.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/techno/2022/07/28/perangkat-wearable-hadir-sebagai-solusi-mengatasi-gangguan-tidur

Tidak ada komentar :

Posting Komentar