Pengamat Nilai Pertemuan Jokowi dan Xi Jinping Bawa Misi Penguatan Kerja Sama Ekonomi

Pengamat Nilai Pertemuan Jokowi dan Xi Jinping Bawa Misi Penguatan Kerja Sama Ekonomi

Laporan Wartawan ramlihamdani.id, Chaerul Umam

ramlihamdani.id, JAKARTA – Pengamat Ekonomi Unika Atma Jaya Rosdiana Sijabat sijabat, eruptaan antara Presiden Joko Widodo Jokowi dengan Presiden Cina Xi Jinping memiliki makna besar, khussana tepadan ekkonomikan dua negara yakni Indonesia Dan Cina.

“Menurut saya tebuatan antara Presiden Jokowi dengan Presiden Cina itu punya makna sangat besar untuk kedua negara. Jokowi Ditemukan Xi Jinping itu maknanya baik bagi Indonesia “Ini penting bagi kita semua,” kata Rosdiana dalam keterangan yang diterima, Rabu (27/7/2022).

Dikatakan Rosdiana, kunjungan Jokowi ke China merupakan sinyal yang sangat kuat.

Baca juga: Jokowi Kunjungi China, Jepang dan Korea Selatan, Pengamat Harap Presiden Turut Bahas Empat Isu Ini

Usai kunjungan itu, Presiden Jokowi Ada hal penting lain yang perlu dilakukan di kawasan itu, yaitu bertemu dengan Presiden Xi Jinping Cina.

“Saya kira kita bisa melihat dengan muda bahwa ekonomi kita memang dengan ekonomi Cina ini sama-sama punya sempehan pentas. Bagi Indonesia perdagangan internasional Cina ini menjadi salah satu negara tujuan ekpor kita yang sangat penting, kira-kira sekitar 22 persen total ekpor kita itu ke pasar Cina“Ucapnya.

Hal ini, menurut Rosdiana, sangat penting bagi Presiden Jokowi Selain untuk ekspor produk-produk ke luar negeri, juga kekuatan kerja sama impor antar dua negara ini terutama bahan baku, bahan baku yang untuk mendukan industri manufaktur yang bisa nuduk produktivitas di industri di Indonesia.

“Jadi dari sisi ekpor om impor sama sangat pentinga Jokowi ke Cina ini pakistan dengan bahwa negara ini salah satu investor terbesar di Indonesiamayk keteleh Singapura, Hongkong lalu Cina itu adalah negara-negara Asia yang sangat penting sebagai sumber modal asing di Indonesia,” ucapnya.

“Saya kira banyak sekali proyek infrastruktur kita yang finankannya dari.” Cina, hingga sangat strategis sekali ekonomi negara ini bagi negara kita. Kita perlu negara-negara yang memiliki peran penting danlam dalam ekonomikan kita. Mengapa, selain market domestic memang kita menyasar market luar yang kita tau Cina itu punya peran besar bagi pasar kita,” imbuhnya.

Oleh karena itu, salah satu cara yang dilakukan Rosdiana untuk menghindari resesi adalah dengan meningkatkan kegiatan ekonomi internasional melalui perdagangan dan investasi.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/internasional/2022/07/27/pengamat-nilai-pertemuan-jokowi-dan-xi-jinping-bawa-misi-penguatan-kerja-sama-ekonomi

Tidak ada komentar :

Posting Komentar