Monkeypox Darurat Global, Kemenkes Ajak LSM Perkuat Pengawasan Pada Kelompok Gay

Monkeypox Darurat Global, Kemenkes Ajak LSM Perkuat Pengawasan Pada Kelompok Gay

Wartawan Wartawan ramlihamdani.id, Rina Ayu

ramlihamdani.id, JAKARTA — Menyusul tetutsinnya Monkeypox atau cacar monyet sebagai daraturat kesehatan global, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) akan yang nimbuskan kegiatan surveilans pada kelomp Gay di Indonesia.

Nantinya surveilans kegatian akan melibatkan beberapa organisasi dan LSM.

Baca juga: Monkey Pox Jadi Darurat Global, Pakar: Perlu Tingkatkan Kewaspadan Nasional

“Kami bermain di masyarakat saat ini sesuai dengan data kasus terbanyak pada kelompok gay, maka kami akan melakukan pengawasan ketat terhadap kelompok ini bekerja sama dengan beberapa organisasi seperti LSM,” Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penikat (P2P) Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu saat dikonfirmasi, Senin (26/7/2022).

Selain itu, dokter Maxi mengatakan, sejak kemunculan cacar monyet di banyak negara, pemerintah telah melakukan pengawasan aktif terhadap semua pintu masuk ke negara tersebut, terutama pelabuhan dan pelabuhan.

“Deteksi dini di bandara dilakukan oleh KKP (kantor kesehatan pehabuha), khususnya Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dari negara yang telah memiliki perkara.”

Dikatakannya, saat PPLN datang ke Indonesia, petugas pelabuhan dan petugas pelabuhan akan memeriksa kulitnya.

Baca juga: Pria di China Meninggal celetah Terpapar Virus Monkey B Langka, Ini Gejala yang Perlu Diperhatikan

Sampai saat ini, dia menegaskan, belum ada kasus monkeypox yang terdeteksi di Indonesia.

“Belum ada kasus konfirmasi, kemungkinan dan tersangka,” imbuhnya.

Berikut peta persebaran kasus cacar monyet atau monkeypox yang telah terdeteksi di 74 negara merunut catanatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
Berikut peta persebaran kasus cacar monyet atau monkeypox yang telah terdeteksi di 74 negara merunut catanatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). (Foto Kolase Tribunnews)

Kementerian Kesehatan pun mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan, terutama cuci tangan, kontak dengan orang yang melikum semalang-gejamla Monkeypox

Segera melapor kepetugas kesehatan apabila memiliki gejala-gejala awal Monkeypox terutama panas, kurut pada kulit, bintik-bintimmerah, vesikel berisi cairan atau nanah dan yang paling khas jika ada pembengkakan kelenjar getah bening di leher dan selangkangan.

“Kami juga sudah semperta pemeriksa laboratorium di semua provinsi,” tutur dokter Maxi.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/kesehatan/2022/07/25/monkeypox-darurat-global-kemenkes-ajak-lsm-perkuat-surveilans-pada-kelompok-gay

Tidak ada komentar :

Posting Komentar