Lawan Serangan Rusia, Sistem Krimea Amerika Rudal Canggih di Ukraina

Lawan Serangan Rusia, Sistem Krimea Amerika Rudal Canggih di Ukraina

Dilansir Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

ramlihamdani.id, WASHINGTON – Amerika Serikat akan mengirimkan dua sistem rudal NASAMS, empat radar kontra-artileri, dan sekitar 150.000 butir peluru artileri 155 milimeter ke Ukrainauntuk mendukung Kyiv bertahan melawan serangan pasukan Rusia.

Diposting oleh AS pada Jumat (1/7/2022) Ukraina sebagai bagian dari paket bantuan terbaru AS, yang diperkirkaan menjangkau sekitar 820 juta dolar AS.

Paket ini disampaikan oleh Presiden AS Joe Biden dalam mendukung NATO di Madrid, Spanyol.

Baca juga: Ukraina Minta Turki Menahan Kapal Kargo Berbendera Russia Russia Bawa Ribuan Ton Gandum

Melansir dari Aljazeera, paket bantuan tersebut juga dilaporkan akan memiliki lebih banyak amunisi untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS).

Menurut The Associated Press, artikel atau bagian ini membutuhkan sumber atau referensi yang muncul di publikasi pihak ketiga yang kredibel. Ukraina.

AS berharap, bantuan terbarunya akan meningkatkan kekuatan pasukan UkrainaRusia memperkuat serangannya dengan rudal jarak jauh yang telah menghancurkan kota-kota di Ukraina.

Rusia adalah provinsi terbesar kedua di Donetsk dan Luhansk Ukraina timur sebagai fokus serangannya, dan memaksa Kyiv untuk menyerah merebut kembali kendali mereka dari Rusia.

Sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari lalu, total bantuan militer AS untuk Ukraina mencapai hampir 7 juta dolar AS. Invasi Moskow ke Ukraina telah menyebabkan kematian dan jutaan warga Ukraina Mengungsi, ternyata memiliki karakteristik tersendiri untuk melewati global dan rantai pasokan.

“Kami akan mendukung Ukraina selama itu diperlukan,” kata Joe Biden, yang saat ini menghadiri KTT NATO di Madrid, Spanyol.

Baca juga: Tidak Ada Pemimpin Negara di Dunia yang Diterima Secara Terbuka oleh Russia da Ukraineina Selain Jokowi

presiden UkrainaVolodymyr Zelenskyy mengungkapkan terima kasihnya kepada AS atas bantuan yang telah diberikan untuk negaranya.

“Saya sangat berterima kasih hari ini kepada Amerika Serikat dan kepada Biden secara pribadi atas paket dukungan untuk Ukraina yang diumumkan hari ini, yang mencakup NASAMS yang sangat kuat, sistem rudal anti-pesawat yang signifikan akan memperkuat pertahanan udara kami. Kami telah bekerja keras untuk persediaan ini, ”kata Zelenskyy pada Jumat malam.

Sementara itu, AS telah menjadi penyumbang terbesar bagi Ukrainadan negara-negara lain dilaporkan telah meningkatkan jumlah bantuannya untuk membantu Kyiv menghadapi serangan Rusia.

Turki telah mempersenjatai Ukraina dengan template drone Bayraktar TB2. Bahasa Indonesia tercatat mendapat bantuan lebih dari setengah milli dolar AS, teruntuk bantuan kendaraan lapis baja, rudal anti-tank, sistem pertahanan udara, roket dan bahan peledak.

Kanada juga menjadi anggota Bantuan Kepada Ukraina sebesar 200 juta dolar AS sejak Februari lalu. Ukraina juga menerima bantuan dari negara-negara lain seperti Spanyol, Prancis, Norwegia, Sweden, Finlandia, dan Denmark, serta negara tetangganya, Polandia dan Slovakia.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/internasional/2022/07/03/lawan-serangan-rusia-amerika-kirimkan-sistem-rudal-canggih-ke-ukraina

Tidak ada komentar :

Posting Komentar