Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia Upaya Sukseskan G20

Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia Upaya Sukseskan G20

Dilansir Tribunnews, Larasati Dyah Utami

ramlihamdani.id, JAKARTA- Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia yang dinilai pengamat dari Universitas ParamadinaAhmad Khairul Umam, sebagai langkah yang berani dan patut diapresiasi.

Menurut Khairul, masih ada jalan panjang sebelum agenda G20 di Indonesia bisa tercapai.

Baca juga: Bicara Upaya Perdamaian Ukraina-Rusia Pasca Kunjungan Jokowi, Dino Patti Djalal Ungkap Tantangannya

“Itu hanya menjadi perhatian kami bahwa kami menantikannya, tetapi kami menantikan untuk melihatnya lagi. Segalanya “Kami sedang mengerjakan agenda G20,” kata Khairul Umam dalam postingan publik bertajuk ‘Harapan Dari Misi Perdamaian Jokowi’ pada Minggu (3/7/2022).

Pelaksanaan agenda G20 Indonesia tidak seperti G20 sebelum, dimana kali ini pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 akan menjadi pembahasan.

Perang antara Rusia dan Ukraina pecah dan menyebabkan bertambahnya krisis global.

Khairul menyebut langkah Jokowi sebagai strategi ganda atau strategi jalur gandadimana langkah ini menyentuh dua aspek yakni para elite do G7, serta dua negara yang sedang berkonflik Rusia dan Ukraina.

Pertama, menyentuh elit. Menurut Khairul, di balkon konflik Rusia dan Ukraina itu sendiri ada kekuatan besar yang juga turut berpartisipasi dalam perang tersebut.

Untuk tujuan ini, kami memiliki forum G7, yang memiliki 31 persen dari PDB dunia.

Baca juga: Kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina Disebut Jadi Benteng Pemerintah Kalau Krisis Ekonomi Terjadi

“Dengan bantuan unsur terutama di tingkat elit di tingkat Rusia-Ukraina, ini merupakan komunike yang sangat penting yang akan disampaikan pada November mendatang,” ujarnya.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/internasional/2022/07/03/kunjungan-jokowi-ke-ukraina-dan-rusia-upaya-sukseskan-g20

Tidak ada komentar :

Posting Komentar