Kecepatan Jaringan Yang Mengalahkan Tarif

Kecepatan Jaringan Yang Mengalahkan Tarif

Oleh Moch S Hendrowijono *)

TARIF tidak lagi jadi konsumen telekomunikasi, karena kualitas jaringan denganator faktor kecepatan (speed) dan kestabilan (stability) menjadi lebih penting. Hal ini karena fakta bahwa Internet digunakan untuk menyediakan mobile broadband maupun fixed broadband.

Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang tersedia pada Juni mencapai 77,02 orang dengan total koneksi internet 210.026.769 jiwa. Dari sisi penggunaan, rata-rata 50% masyarakat mengakses internet antara 1-5 jam / hari 31% lainnya antara 6-10 jam, angka itu paling dominan.

Baca juga: MTEL Akan Akuisisi 3.000 Menara Telekomunikasi pada 2022

Dari beragam layanan jaringan internet, menurut APJIIperan operator telekomunikasi terbesar, diakses 77.64% pengguna internet, akses WiFi di bawah 21%. Hampir mencapai (47,15%) pengguna internet mengaku, sinyal paling kuat dari operator sebagai alasan berlangganan.

Pengguna yang mengaku memakai akses media sosial ada 98,02%, mondar-mandir ke Instagram, Facebook, TikTok, YouTube.

Akses mencari berita sebanyak 92,21%, hampir sama dengan membuka medsos. Sevidara kebijakan akibat pandemi Covid-19 berupa belajar atau bekerja di rumah ada urutan ketiga, 90,21%.

Dengan jenis utilitas ini, kerosatan dan kestabilan sangat relevan dengan kebutuhannya. Dan, semua operator punya ha telah mempromosikan jaringannya merupakan yang tercepat.

Tetapi kesahihan data yang independen dan netral disaijikan oleh OpenSignal, yang mengukur kinerja operator jaringan di seluruh dunia. Secara berkala, ini mengukur dengan melibatkan partisipasi pengguna, dan mereka dianggap paling adil.

Awal Juli 2022 ini, OpenSignal melaporkan pengukuran kinerja jaringan yang diambil berdasarkan data 1 Februari hingga 31 Mei 2022. Kinerja yang sesuai dengan kebutuhan adalah kecepatan unduh dan menunjukkan dua operator pada kecepatan di 15 Mbps, antara lain XL Axiata (18,7 Mbps) dan Telkomsel (16,26Mbps). OpenSignal adalah anggota XL dan berharap dapat melihat lebih banyak peningkatan.

Lonjakan signifikan

Indikator lain, kemampuan operator jaringan mengakomodir pengalaman menikmati video. Kali ini streaming video maupun film menanjak secara ekonensial, tidak hanya YouTube dan TikTok, juga layanan berlangganan film.

Tribunners adalah organisasi non-profit, non-partisan, non-partisan, non-partisan, non-partisan, non-partisan, non-partisan, non-partisan.


Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/tribunners/2022/07/08/kecepatan-jaringan-yang-mengalahkan-tarif

Tidak ada komentar :

Posting Komentar