BBM di AS Makin Mahal, Joe Biden Jadi Sasaran Kritik Pendiri Amazon

BBM di AS Makin Mahal, Joe Biden Jadi Sasaran Kritik Pendiri Amazon

Menurut Tribunnews, Namira Yunia Lestanti

ramlihamdani.id, CALIFORNIA – Lonjakan harga bahan bakar minyak (BBM) di Amerika Serikat membuat pendiri Amazon Jeff Bezos geram, dan membuat Presiden AS Joe Biden jadi sasaran hujan kritiknya.

Jeff Bezos mendesak Joe Biden agar segera menurunkan harga BBM di AS.

“Infalasi adalah masalah yang terlalu penting bagi Gedung Putih untuk terus membuat pernyataan seperti ini,” cuit Jeff Bezos di twitter-nya, Sabtu (2/7/2022).

Harga minyak AS adalah sekitar $5 per galon pada Juni 2022, sedangkan harga rata-rata satu dolar adalah sekitar $3 per galon.

Jeff Bezos saat ini sedang mempromosikan BBM di AS.

Jika kenaikan ini terus berlangsung dalam beberapa bulan, Benzos yaki bahwa situasi ini akan berimbas buruk pada suara Biden kedepan menjelang pemilihan pada November 2022 mendatang.

Tak lama setelah cuitannya diunggah di twitter, hari Minggu (3/7/2022) Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre menjelaskan bahwa sebenarnya selama sebulan terakhir telah berusaha keras menekan harga minyak.

Baca juga: Aksi Mogok Sopir Truk di Korea Berlanjut, Protes Kenaikan Harga BBM and Minta Gaji Pokok Naik

Salah satunya dengan mengguhkan pajak gas federal sepanjang musim panas 2022 serta menyediakan cadangan minyak strategis AS untuk pengisian bahan bakar di Amerika, hingga akhirnya harga BBM di AS bisa turun 15 dolar AS per barel, mengutip dari Channel News Asia.

“Presiden bekerja sangat, sangat keras di banyak bidang untuk mencoba menurunkan harga itu,” kata John Kirby, juru bicara Gedung Putih pada acara Fox News.

Baca juga: Invasi Rusia Bikin Harga BBM at AS Tembus Rp 73 Ribu Per Galon

Menurut laporan, kejadian bahan bakar di AS terjadi karena melonjaknya konsumsi BBM di tengah krisis energi, karena adanya tekanan pada kapasitas penyulingan akibat dari sanksi perang Rusia atas invasi Putin terhadap Ukraina dalam beberapa bulan terakhir.

Kondisi ini semakin diperparah dengan rencana penutupan kilang terbesar di Houston AS pada akhir tahun depan, karena adanya transisi pembuatan bahan energi untuk kendaraan listrik.

Baca juga: Kenaikan Harga BBM dan Barang Konsumsi di Amerika Serikat Catat Rekor Tertinggi

Meski BBM masih berada di atas rata – rata, namun Kirby menjamin bahwa harga bahan bakar di AS tidak akan melesat naik ke level tertinggi, mengingat saat ini AS tengah dibayangi percepatan inflasi.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/05/harga-bbm-di-as-makin-mahal-joe-biden-jadi-sasaran-kritik-pendiri-amazon

Tidak ada komentar :

Posting Komentar