Bantu Pertumbuhan Ekonomi, Digitalisasi Bank DKI Sektor Pariwisata-UMKM

Bantu Pertumbuhan Ekonomi, Digitalisasi Bank DKI Sektor Pariwisata-UMKM

Reporter tribunnews.com, Danang Triatmojo

ramlihamdani.id, JAKARTA – Pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling menguntungkan dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia pasca pandemi. Profiting ini tak lepas dari digitalisasi servicean banking.

Hal ini mendorong BUMD DKI mulai perbankan, Bank DKI dengan penyatu kemenuhan digital bagi sektor pariwisata dan UMKM.

Direktur Teknologi dan Operasi Bank DKI, Amirul Wicaksono ada kesinambungan antara dengan UMKM.

“Kami berusaha mendukung Pariwisata dan UMKM, Bank DKI Permudah wisatawan dalam bertransaksi dengan menggunakan aplikasi JakOne Pay yang juga dapat digunakan oleh wisatawan mancanegara,” kata Amirul dalam diskusi di acara tersebut. Festival Ekonomi Digital Indonesia (FEKDI)ditulis Senin (18/7/2022).

Sebagai informasi, hingga periode Juni 2022, transaksi QRIS melalui JakOne Mobile Bank DKI tumbuh 74 persen secara year on year menjadi Rp22,4 miliar.

Kemudian, hingga Juni 2022, jumlah pengguna JakOne Mobile telah mencapai 1,7 juta pengguna, dengan nominal transaksi Rp9,1 triliun, dan volume transaksi 10,8 juta kali.

Elsya MS Chani, Direktur Departemen Pembinaan dan Perlindungan UMKM Bank Indonesia, mengatakan upaya digitalisasi sektor pariwisata dan UMKM dilakukan melalui integrasi transportasi, hingga pembayaran elektronik.

Hal ini diharapkan dapat memudahkan konsumen khususnya wisatawan untuk memenuhi kebutuhan perjalanannya.

“Kehadiran QRIS sebagai bagian dari digitalisasi perbankan dapat seguri konsumen khususnya para turis yang juga menjadi anupaya mendukkan UMKM di tujuan wisata sumabar,” kata Elsya.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/07/19/bantu-pertumbuhan-ekonomi-bank-dki-digitalisasi-sektor-pariwisata-umkm

Tidak ada komentar :

Posting Komentar