Peringatan Dini BMKG Selasa, 7 Juni 2022: Waspada 19 Wilayah Alami Hujan Lebat hingga Angin

Peringatan Dini BMKG Selasa, 7 Juni 2022: Waspada 19 Wilayah Alami Hujan Lebat hingga Angin

ramlihamdani.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan peringatan dini cuaca ekstra untuk besok, Selasa (7/6/2022).

dilaporkan web.meteo.bmkg.go.id, daerah pertemuan dan kecepatan angin terpantau memanjang dari Bengkulu hingga Sumatera Barat, di Aceh, dari Bangka Belitung hingga Kep. Riau, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah dan di Maluku.

Selain itu, daerah pertemuan angin (confluence) memanjang di Laut Jawa hingga Selat Karimata, di Laut Flores, Selat Makassar bagian selatan, Laut Banda dan Laut Arafuru.

Kondisi tersebut mampu mentkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar Sirkulasi Siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca juga: BMKG Prediksi Akan Terjadi Banjir Rob hingga 7 Juni 2022 di 15 Provinsi

Baca juga: BMKG Pantau Bibit Siklon Tropis 92S dan 93W, Sejumlah Wilayah Indonesia Terdampak Cuaca Ekstrem

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat / petir hingga angin kencang pada Selasa, 7 Juni 2022 hingga Rabu, 8 Juni 2022:

Selasa, 7 Juni 2022

Wilayah hujan lebat yang dapat disertai kilat / petir dan angin kencang:

• Aceh

• Bengkulu

• Jambi

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/06/06/peringatan-dini-bmkg-selasa-7-juni-2022-waspada-19-wilayah-alami-hujan-lebat-hingga-angin

Tidak ada komentar :

Posting Komentar