Masyarakat Makin Tertarik Memelihara Ikan Hias Laut, KKP: Ikan Hias Mulai Sulit Ditemukan

Masyarakat Makin Tertarik Memelihara Ikan Hias Laut, KKP: Ikan Hias Mulai Sulit Ditemukan

Dilansir ramlihamdani.id, Ismoyo

ramlihamdani.id, JAKARTAKementerian Kelautan dan Perikanan Mengungkapkan, ketertarikan masyarakat untuk memelihara ikan hias dari laut kini meningkat pesat, sehingga terjadi penangkapan yang berlebihan (over-exploitation).

Dirjen Perikanan Budidaya, Tb Haeru Rahayu, kita tidak perlu berspekulasi tentang kerjasama para koordinator angkatan udara ini tetapi kita menganggap layanan khusus sangat efektif.

“Saat ini, kami sedang berusaha mencari cara agar memorihara ikan hias dari laut meningkat pesat, sehingga terjadi eksploitasi berlebihan. Akibatnya, ikan hias laut mulai sulit ditemukan, ”key to the Tebe dalam keterangannya, Rabu (1/6/2022).

Baca juga: Equipment Ekonominya Besar, KKP Akan Maksimalkan Ruang Laut Natuna-Natuna Utara

Untuk itu, Tebe, KKP telah membentuk lembaga yang terbuka untuk sektor publik dan konsorsium untuk mendukung keanekaragaman hayati suber daya yang ada di perairan.

Guna menjaga ekologi laut, KKP terus menggencarkan kegiatan tebar benih ikan sesuai dengan perairannya.

Belum lama ini, KKP melalui Direktorat Genderal Perikanan Budidaya (DJPB) melakukan tebar benih ikan hias nemo di perairan Maluku.

Baca juga: Gelar Fisheries Millennial and Startup Expo 2022, KKP Tampil Peran Startup di Perikanan Industri

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga keseimbangan spesies di alam dan memastikan kelestarian ikan hias di laut.

Tebe kembali mengatakan KKP, melalui DJPB sangat konsen dalam upaya pelestarian sumber daya perikanan.

Tentu saja, perikanan yang dirasakan saat ini tidak boleh mengorbankan kepentingan generasi yang akan datang.

Maka dari itu, dalam pengelolaan perikanan budidaya berkelanjutan penting menjaga keseimbangan antara kepentingan ekologi, sosial dan ekonomi.

“Oleh karenanya, kita harus mendukung Unit Teknis Persatuan (UPT) ikan hias laut salah satunya seperti ikan hias nemo, di mana peruntukannya selain untuk memenuhi permintaan pasar ekspor, juga untuk kepentingan tebar benih ikan di perairan, ”kata Tebe.

Tebe penting untuk aspek pembenahan dalam pengelolaan perikanan.

“Kegiatan perekayasaan perbenihan yang berkembang di atas UPT yang diberikan bagi pengembangan-spesies memiliki nilai ekonomi tinggi serta untuk kelestarian alam,”.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/01/masyarakat-makin-tertarik-memelihara-ikan-hias-laut-kkp-ikan-hias-mulai-sulit-ditemukan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar