Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad Angkat Suara soal Polemik Klaim Kepulauan Riau dan Singapura

Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad Angkat Suara soal Polemik Klaim Kepulauan Riau dan Singapura

Dilansir Tribunnews, Larasati Dyah Utami

ramlihamdani.id, JAKARTA – Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohammad angkat suara terkait polemik pernyataannya yang mencerminkan Singapura dan Kepulauan Riau seharusnya dapat diklaim Malaysiaberdasarkan jejak sejarahnya.

Lewat membagikan postingan Instagram, Mahathir membagikan postingannya dengan postingan postingannya di Facebook Malaysia.

“Laporan tentang apa yang saya katakan pada pertemuan dengan orang Melayu tidak akurat,” tulis Mahathir lewat Instagram pada Kamis (23/6/2022).

Mahathir adalah anggota Himpunan Ziarah Bula Patuh. Malaysia.

Namun ia membantah bahwa pernyataan tersebut dapat diartikan bahwa Malaysia harus mengklaim Singapura dan Kepulauan Riau (yang merupakan wilayah Indonesia).

Baca juga: Sosok Mahathir Mohamad, Mantan PM Malaysia yang Mengawali Karier sebagai Dokter

“Dia baik-baik saja Malaysia untuk mendukung Tanah yang telah kami hilangkan. Silakan coba lagi dalam beberapa menit jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah. Malaysia ketika mereka diambil dari kami.”

“Kehilangan Pulau Batu Puteh, masalah besar. Adalah kesalahan Pemerintah Johor untuk menyangkal bahwa batu itu milik Johor. “Itu hanya menjadi perhatian kami saat itu.

Mahathir menyatakan, bahwa Malaysia syukur pengadilan internasional menyatakan Pulau Ligitan dan Sipadan milik mereka.

Bahkan Indonesia tidak mempermasalahkan dan menggugat penghargaan tersebut.

Baca juga: Kedubes Malaysia: Pernyataan Tun Mahathir Tidak Mencerminkan Pendirian Pemerintah Malaysia

Namun ia tidak bersyukur atas keuntungan yang memihak Malaysia dari Indonesia dalam hal ini.

“Kita patut bersyukur di dunia menganugerahkan Pulau Ligitan dan Sipadan kepada kita. Mereka jauh lebih berharga daripada Pulau Batu Puteh – hanya satu singkapan batu. Kita patut bersyukur bahwa Indonesia tidak mempermasalahkan penghargaan tersebut. Sungguh, kami tidak bersyukur atas keuntungan kami, ”ujarnya.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/internasional/2022/06/24/mantan-pm-malaysia-mahathir-mohamad-angkat-suara-soal-polemik-klaim-kepulauan-riau-dan-singapura

Tidak ada komentar :

Posting Komentar