Kenali Dua Risiko Berenang di Sungai agar Tetap Aman, Jangan Lawan Arus

Kenali Dua Risiko Berenang di Sungai agar Tetap Aman, Jangan Lawan Arus

Wartawan ramlihamdani.id, Rina Ayu

ramlihamdani.id, JAKARTA – Berenang di sungai bisa menjadi aktivitas alam bebas yang menyenangkan. demikian, tentu juga memiliki bahaya.

Sekaligus pengajar renang di Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran Syawaludin Alisyahbana Harahap, M.Sc. di perairan terbatas seperti di kolam.

Baca juga: Foto Terakhir Atalia dan Eril Sebelum Insiden Hilang oleh Sungai Aare Swiss

“Kita mungkin tidak mengetahui banyak informasi tentang situasi dan kondisinya, dan bisa terjadi perubahan kondisi yang tiba-tiba,” kata Syawal dilansir dari laman Unpad.ac.id, Senin (6/6/2022)

Ia memaparkan, terdapat dua faktor risiko yang wajib diketahui saat berenang di sungai.

Total lima bocah terseret arus Sungai Cikondang di Desa Cimanggu, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Kamis (17/2/2022) pagi.
Total lima bocah terseret arus Sungai Cikondang di Desa Cimanggu, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Kamis (17/2/2022) pagi. (Istimewa)

Pertama, risiko pertama berasal dari faktor alam.

Seperti adanya arus, kedalaman sungai yang tidak diketahui, kualitas udara yang mungkin saja terdapat cemaran, hingga keberadaan biota (tumbuhan dan hewan) yang berbahaya.

Kedua, risiko kedua berasal dari kondisi manusia.

Baca juga: Pemancing yang Tenggelam di Sungai Kacangan Purbalingga Ditemukan Tak Bernyawa

Seperti tingkat keterampilan renang, daya tahan tubuh atau fisik, hingga faktor kewaspadaan. Salah satu risiko yang kerap terjadi saat berenang di sungai adalah adanya arus yang tiba-tiba deras. Satu di antara penyebabnya adalah terjadinya hujan di daerah hulu yang menyebabkan air sungai menjadi meluap dan bergerak menuju hilir.

Dosen yang mengantongi sertifikat instruktur selam level internasional dari Association of Diving School International (ADSI) ini mengatakan, ketika dihadapkan pada air sungai yang tiba-tiba deras, perenang harus segera naik ke darat dan tepi sungai.

“Jika arus sempatlah tubuh kita, maka jangan panik berlebihan. Segera bergerak atau bergerak untuk mencapai tepi dan jangan melawan arus. Setelah mencapai tepi, segera naik ke darat, ”paparnya.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/06/06/kenali-dua-risiko-berenang-di-sungai-agar-tetap-aman-jangan-lawan-arus

Tidak ada komentar :

Posting Komentar