Kemenhub Tingkatkan Kualitas Tenaga Profesional Pengelola Pekerjaan Pembangunan Fasilitas Pelabuhan

Kemenhub Tingkatkan Kualitas Tenaga Profesional Pengelola Pekerjaan Pembangunan Fasilitas Pelabuhan

ramlihamdani.id – Kementerian Perhubungan cq Direktorat Gender Perhubungan Laut melalui Direktorat Kepelabuhanan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya tenaga-tenaga profesional dalam rangka pengelolaan pekerjaan pembangunan fasilitas pelabuhan.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar kegiatan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Teknis Bagi KPA, PPK, Kontraktor Pelaksana, dan Konsultan Supervisi pada Kegiatan Pembangunan / Rehabilitasi Fasilitas Pelabuhan Tahun Anggaran 2022.

Direktur Kepelabuhanan Subagiyo dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan ini secara tidak langsung bermanfaat dirasakan oleh semua pihak, baik oleh para peserta, para pimpinan di unit kerja masing-masing, juga seluruh mitra kerja. Kementerian Perhubungan akan merasakan dampak positif dari penyelengaraan Pelatihan ini.

“Kegiatan pelatihan ini dapat menghasilkan pelaksanaan pembangunan fasilitas pelabuhan laut yang optimal sehingga mendukung arus barang dan orang yang mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitarnya, “ujarnya, di Jakarta, Jumat (17/6).

Pelatihan Peningkatan Keterampilan Teknis hadir untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari SDM profesional Anda dalam rangka pengelolaan pekerjaan pembangunan fasilitas pelabuhan, sehingga diharapkan para pengelola anggaran dan pengguna jasapemegang saham) memiliki pengetahuan, keterampilan dan kemampuan profesi dalam bidang pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan pembangunan fasilitas pelabuhan dan dapat meningkatkan kualitas pekerjaan pembangunan fasilitas pelabuhan yang tepat waktu, tepat biaya dan akuntab.

Selain pelatihan teknis KPA & PPK profesional dan teknis, kami dapat mempresentasikan program ekstrakurikuler dari Kementerian Keuangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, PT Virama Karya, serta akademisi dari Universitas Indonesia.

Kehadiran dari narasumber-narasumber tersebut untuk menyampaikan materi khusus tentang kebijakan dan standarisasi teknis di bidang penganggaran, pelaksanaan dan pengendalian pekerjaan konstruksi, perencanaan penggunaan jaringan dan lintasan kritis (Critical Path)

Adapun penggunaan metode tersebut dalam pengendalian pekerjaan pembangunan fasilitas Pelabuhan Laut Aplikasi ini dibuat oleh Fasilitas Pelabuhan Laut Labuan Bajo, yang juga menawarkan desain teknis dan desain bangunan berikut.

Sebagai informasi, pelaksanaan Pelatihan Peningkatan Ketrampilan Teknis Bagi KPA, PPK, Kontraktor
Pelaksana, dan Konsultan Supervisi pada Kegiatan Pembangunan / Rehabilitasi Fasilitas Pelabuhan TA 2022 melibatkan 77 Unit Pelaksana Teknis untuk 82 kegiatan pembangunan / pengembangan / rehabilitasi fasilitas pelabuhan di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut yang berani aplikasi Zoom Meeting.

Beberapa materi yang dibahas yaitu:
1. Kebijakan Pembangunan Fasilitas Pelabuhan oleh Direktur Kepelabuhanan;
2. Pengawasan Internal oleh APIP;
3. Mekanik Anggaran dan Revisi Anggaran oleh Kementerian Keuangan;
4. Proses Penganggaran di Kemenhub oleh Bagian Perencanaan Direkrat
Perhubungan Umum Laut;
5. Pelelangan dan Pencatatan BMN oleh Biro LPPBMN;
6. Proses pencatatan hasil kegiatan kedalam BMN, Skema Penghapusan Aset dan Proses Pencatatan Sisa Tiang Pancang.

Pada hari kedua materi yang disampaikan yaitu:
1. Material and Pedagogical sepuluh Pengendalian Kontrak dan Pekerjaan Konstruksi oleh Director General Bina Konstruksi Kementerian PUPR;
2. Mengelola Proyek Konstruksi oleh Dr. Ir. Afrizal Nursin, MT (Akademisi Universitas Indonesia);
3. Direktur Pelaksana Pekerjaan Pembangunan Fasilitas Pelabuhan Labuan Bajo oleh
Wirama Karya;
4. Pengendalian Mutu Hasil Pekerjaan oleh Kasubdit II Direktorat Kepelabuhanan.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/kilas-kementerian/2022/06/17/kemenhub-tingkatkan-kualitas-tenaga-profesional-pengelola-pekerjaan-pembangunan-fasilitas-pelabuhan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar