Harga Emas Hingga Perak Langsung Menguat Pasca The Fed Kerek Suku Bunga 0.75 Poin

Harga Emas Hingga Perak Langsung Menguat Pasca The Fed Kerek Suku Bunga 0.75 Poin

Dilansir Tribunnews, Namira Yunia Lestanti

ramlihamdani.id, WASHINGTON – Kebijakan The Fed Menaikan suku bunga hingga menicapai 0,75 poin membuat harga emas dan perak terkerek naik. Harga emas naik 1 persen dalam perdagangan Kamis malam (16/6/2022).

Kenaikan ini terjadi akibat adanya kebijakan agresif bank sentral The Fed. Melemahnya dolar AS telah memicu aksi jual pada mata uang tersebut, hingga membawa safe-haven pada harga logam.

Reuters melaporkan bahwa jumlah orang yang melewati periode 24 jam adalah 0,9 persen, dengan total 1.849,21 persen. Sementara harga emas berjangka AS melonjak sekitar 1,7 persen menuju 1,849,90.

“Karena reli dolar telah mencapai puncaknya dan investor sekarang mencari tempat yang aman, perdagangan emas terlihat cukup menarik,” jelas Edward Moya analis senior OANDA, perusahaan finansial asal AS.

Secara historis, pergarakan harga emas sangat dipengaruhi oleh volatilitas dolar. Ketika kurs dolar turun maka harga emas naik, begitupun sebaliknya. Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari uang Anda dengan berinvestasi dalam pengelolaan uang, Anda akan dapat membuat dan mengelola produk Anda. Berbeda dengan den aset aset investi lainnya seperti obligasi dan saham yang sangat sensitif akan pergerakan kurs.

Adanya peningkatan serta ketidakpastian harga ekonomi di pasar global, hingga membuat investor melakukan aksi jual tajam pada bursa Wall Street disinyalir juga menjadi faktor pendukung atas pasar emas.

Baca juga: Suku Bunga Tinggi The Fed Nggak Ngaruh, Investor Asing Masih Borong Saham di BEI

Namun apabila kebijakan The Fed yang menikik suku bunga dapat memerangi inflasi dan mengembalikan penguatan pada dolar AS maka nilai jual emas akan kembali melemah.

“Iming-iming safe-haven emas bisa mem,” kata Federal Reserve yang saat ini berada di Amerika Serikat.

Baca juga: Suku Bunga The Fed Naik, Diprediksi Bank Indonesia Bakal Normalisasi Suku Bunga Acuannya

Kebijakan kenaikan harga logam imbas The Fed tak hanya terjadi pada emas saja.

Ini juga layak untuk beberapa produk sederhana yang berharga $ 1,2 per bulan seharga $ 21,90 per ounce, per produk platinum seharga 1,3 persen seharga $ 951,52 per bulan, serta paladium yang wajar, rata-rata naik 1,4 persen menjadi 1,887,50 dolar AS .

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/17/harga-emas-hingga-perak-langsung-menguat-pasca-the-fed-kerek-suku-bunga-075-poin

Tidak ada komentar :

Posting Komentar