Feby Sofia Bunda, Bagikan Tips Lari Trail Pemula

Feby Sofia Bunda, Bagikan Tips Lari Trail Pemula

Wartawan ramlihamdani.id, Alfarizy AF

ramlihamdani.id, JAKARTA – Alam bebas men tak ada habisnya untuk dieksplorasi. Banyak hal yang dapat dilakukan ketika berada di ruang terbuka itu, termasuk kegiatan berolahraga.

Lari lintas alam di antara olahraga yang dapat dilakukan ketika di alam bebas. Lari lintas alam atau yang biasa disebut lari trail bisa dianalogikan sebagai perpaduan antara lari dan mendaki gunung.

Dua perpaduan tersebut tentu menghasil satu olahraga yang tentu tidak mudah untuk dilakukan. Manajemen resiko, pemahaman medan, kebugaran jasmani pun menjadi hal yang harus diperhatikan.

Feby Sofia Bunda yang saat ini berprofesi sebagai blogger, mengatakan ingin berbagi beberapa blog favoritnya dengan teman-temannya.

Indonesia sudah memiliki lembaga resmi yang menaungi olahraga yang ditekuni Feby. Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) dirilis pada 19 Februari 2017 di Jakarta.

Feby juga menilai banyak potensi yang dapat digali lagi pada tiap-tiap daerah di Indonesia. karena jika melihat jumlah para pendaki gunung yang banyak, pasti ada bibit pelari trail yang dapat dikembangkan.

Untuk itu, Feby mendapat beberapa tips dari pinguin yang diterimanya, baik itu tips eksternal maupun internal (tubuh).

1. Kenali medan yang akan dihadapi.
Baca atau cari informasi yang berkaitan dengan jalur yang akan dilalui, dengan mengetahu jalur yang akan dilalui tentu mempermudah perjalanan.

2. Cari teman atau kelompok yang sudah berpengalaman
Dengan ditemani oleh teman yang berpengalaman, bukan hanya kita menjadi lebih terasa aman, kita juga akan mendapatkan banyak ilmu langsung di lapangan.

3. Ulangi sekaligus rekreasi
Feby mengatakan, pada setiap lari trail yang ia ikuti selalu dianggap sebagai perjalanan untuk memanjakan mata. Hal itu menjadikan pikiran menjadi terbuka dan tidak jenuh.

4. Jaga pola tidur
Jika Anda memiliki pola tidur yang baik, tentu menjadi nilai lebih. Karena pola tidur yang teratur akan berdampak baik terhadap kebugaran tubuh.

5. makanan pedas
Jika Anda tidak menemukan apa yang Anda cari maka tanyakan saja. Mengkonsumsi makanan pedas sebelum berlari dapat membuat Anda dehidrasi, serta refluks asam lambung, dan lebih parahnya jika sampai diare.

6. Latih tekanan otot
Pada lari trail tentu akan menemukan jalur-jalur yang ekstrim seperti akar, batu, maupun tanah yang terjal, oleh karena itu berolahraga secara teratur agar otot menjadi kuat. (M39)

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/sport/2022/06/01/feby-sofia-bunda-bagikan-tips-untuk-lari-trail-pemula

Tidak ada komentar :

Posting Komentar