AS Terbangkan Pesawat Pengintai P-8A Poseidon di Atas Selat Taiwan

AS Terbangkan Pesawat Pengintai P-8A Poseidon di Atas Selat Taiwan

ramlihamdani.idAmerika Serikat (AS) Menerbangkan pesawat pengintai P-8A Poseidon Angkatan Laut-nya di atas Selat Taiwan pada Jumat (24/6/2022).

penerbangan pesawat pengintai P-8A Poseidon dilakukan AS hanya beberapa hari setelah puluhan pesawat tempur Cina masuk wilayah Taiwan.

Komo Indo-Pasifik AS Mengatakan, penerbangan pengintai P-8A Poseidon merciakan bagian dari komitmen AS untuk kawasan perairan Indo-Pasifik, Selat Taiwan, yang bebas dan terbuka.

Baca juga: 29 Pesawat China Masuk Zona Pertahanannya, Taiwan Kerakan Jet Tempur

“Sebuah P-8A Poseidon Angkatan Laut AS transit Selat Taiwan di wilayah udara internasional pada 24 Juni,” kata Komando Indo-Pasifik AS dalam pernyataan yang dikutip. CNN.

“Amerika Serikat akan ketakutan, diberkati, dan berharap dunia dapat melakukan magang di Selat.” Taiwan“jelasnya.

Komando Indo-Pasifik AS menyukai Selat Beroperasi TaiwanWashington menjunjung tinggi hak navigasi dan kebebasan semua negara.

“Dengan Beroperasi Selat Taiwan sesuai dengan huk internasional, Amerika Serikat menjunjung tinggi hak navigasi dan kebebasan semua negara, “bunyi pernyataan itu.

“Transit pesawat di Selat Taiwan memenangkan persetujuan Komisi Indo-Pasifik Amerika untuk membuka dan menutup.”

Selat Taiwan berasosiasi dengan daratan China dan Taiwan
Selat Taiwan berasosiasi dengan daratan China dan Taiwan. Amerika Serikat (AS) akan menerima P-8A Poseidon Angkatan Laut-nya di Selat Taiwan pada Jumat (24/6/2022). (Google Maps)

Sebagai tanggapan, Cina melalui Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) memobilisasi pasukan udara dan darat untuk menyatukan dan menjaga seluruh operasi pesawat AS.

Menurut akun militer Cina di platform media sosial Weibo, Beijing mengumumkan peluncuran AS.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/internasional/2022/06/25/as-terbangkan-pesawat-pengintai-p-8a-poseidon-di-atas-selat-taiwan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar