TNI AL Pusatkan Proses Pendidikan dan Pelatihan Komponen Cadangan di Kodikmar Surabaya

TNI AL Pusatkan Proses Pendidikan dan Pelatihan Komponen Cadangan di Kodikmar Surabaya

ramlihamdani.id, JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan proses pendidikan dan pelatihan Komponen Cadangan (Komcad) unsur matra laut akan dilakukan di Comando Pendidikan Marinir Surabaya.

Sampai saat ini, kata Yudo, TNI Angkatan Laut sudah merekrut personel komcad dari berbagai daerah.

“Jadi sementara ini kita pusatkan di Surabaya. Nanti kalau perintahnya mungkin di pulau-pulau ya seperti kemarin ternyata bisa dilaksanakan di wilayah-wilayah yang memiliki satuan pendidikan di pulau-pulau lain, jadi tidak akan mungkin di Jawa, nanti juga bisa” kata Yudo di Graha Jala Puspita Jakarta Pusat pada Rabu (25/5/2022).

Yudo mengatakan, rencananya acara peresmian komcad bersama Kementerian Pertahanan akan dilaksanakan bulan depan di Surabaya.

Selanjutnya, kata Yudo, akan dimulai pelatihan komcad unsur matra laut di Kodikmar Surabaya.

“Ini sekarang lagi, nanti mulai bulan depan kita akan melaksanakan acara pembukaan dan dilanjutkan dengan pelatihan,” kata Yudo.

Diberitakan sebelumnya Yudo mengatakan rencananya TNI Angkatan Laut (AL) akan merekrut 500 personel Komponen Cadangan (Komcad) kembali tahun ini.

Namun demikian, ia belum bisa memastikan pada bulan apa rekrutmen tersebut akan dibuka mengingat belum ada Arahan dari Kementerian Pertahanan terkait waktu tersebut.

“Ini tahun 2022. Kan kita dapat jatah 500 (personel) nanti. Belum ada arahan dari Kemhan. Pokoknya tahun 2022 ini,” kata Yudo usai Rapat Kerja dengan Komisi I di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta pada Kamis (27/1/2022).

Yudo menjelaskan, rencananya pendaftaran komcad akan digelar di Lantamal-Lantamal sebagaimana rekrutmen personel TNI AL.

Untuk pesonel pesonel komcad, kata dia, rencananya akan dilakukan di Kodiklatal dan di Kodikmar.

Baca juga: Laksamana Yudo Dianugerahi Gelar Kesatria Padma Nusantara oleh Krajaarga Kerajaan Puri Ageng Blahbatu

Yudo lebih lanjut menjelaskan, meski Komcad TNI AL juga akan mendapat pelatihan di kapal perang, namun nantinya mereka akan mengawaki kapal-kapal sipil yang dapat mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kata-kata baik Anda dan saya ingin mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan dedikasi Anda untuk Angkatan Laut.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/05/25/tni-al-pusatkan-proses-pendidikan-dan-pelatihan-komponen-cadangan-di-kodikmar-surabaya

Tidak ada komentar :

Posting Komentar