Perusahaan Listrik Prancis Engie Masih Bayar Gas Rusia Dalam Euro

Perusahaan Listrik Prancis Engie Masih Bayar Gas Rusia Dalam Euro

Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

ramlihamdani.id, PARIS – Perusahaan listrik multinasional PrancisEngie mengatakan masih membayar gas Rusia dalam euro, dan perusahaan ini masih menunggu panduan lebih lanjut dari Uni Eropa.

Sebagai tanggapan atas sanksi Barat yang diterima Rusiaalah yang menginvasi Ukraina, Presiden Vladimir Putin menuntut pembeli gas Rusia untuk melakukan pembayaran dalam bentuk rubel.

Rusia akan terancam pasokan gasnya, jika pembeli asing tidak melakukan pembayaran dalam bentuk Rubel. Bulan lalu, Rusia menenggak pasokan gas ke Polandia Bulgaria, keduanya membayar membayar dalam rubel.

Baca juga: Babak Baru Sanksi untuk Moskow, Uni Eropa Usulkan Larangan Minyak Russia

CEO Engie, Catherine MacGregor, mengatakan dia sedang mencari solusi untuk krisis di Rusia.

“Saya anggota Uni Eropa dan anggota Uni Eropa. Soal pembayaran dalam rubel ini sejujurnya agak rumit dan kami mencoba mencari solusi untuk itu.” kata MacGregor, seperti dikutip dari Reuters.com.

Menurut MacGregor, ada konsensus yang kuat tentang ekonomi Rusia, meskipun tidak memiliki cukup kompor gas untuk bulan Mei.

Baca juga: Benar-benar Digdaya, Digempur Sanksi Barat, Penjualan Minyak RusiaJust Tembus Rp 958 Triliun!

“Yang penting adalah mengantisipasi musim dingin mendatang. Karena itu, penghentian waktu adalah kuncinya. Semakin besar stok kita, semakin mudah melewati musim dingin berikutnya,” katanya.

Gas Rusia memiliki sekitar 20 persen pipa gas Inggris dan 40 persen cadangan gas Eropa.

Komisis Eropa mengatakan pada hari Senin (2/5/2022) kemarin, kepatuhan pada skema pambayaran rubel yang diusulkan Rusia merupakan bentuk pelanggaran UE yang akan diterapkan kepada Rusia.

Komisi Eropa menjanjikan panduan yang lebih lengkap dan rinci, yang berisi langkah-langkah yang dilarang dan diizinkan untuk dilakukan perusahaan-perusahaan di Eropa.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/05/perusahaan-listrik-prancis-engie-masih-bayar-gas-rusia-dalam-euro

Tidak ada komentar :

Posting Komentar