Peringatan Dini BMKG Jumat 27 Mei 2022: Waspada Yogyakarta Hujan Lebat Disertai Angin

Peringatan Dini BMKG Jumat 27 Mei 2022: Waspada Yogyakarta Hujan Lebat Disertai Angin

ramlihamdani.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan peringatan dini cuaca ekstra untuk besok, Jumat (27/5/2022).

dilaporkan web.meteo.bmkg.go.idyang saat ini bermarkas di Samudra Hindia barat daya Banten, yang merupakan bagian dari Konvensi Samudra Hindia di Banten, disutradarai oleh Bengkulu hingga Lampung, dan oleh Jawa Barat hingga Samudra Hindia selatan Jawa Tengah.

Sirkulasi silon terpantau berada di Maluku Utara dan Samudra Pasifik utara Papua yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Laut Maluku hingga Laut Halmahera dan di Samudra Pasifik Utara Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar pusat tekanan rendah dan di sepanjang daerah tekanan rendah / sirkulasi / konvergensi tersebut.

Peningkatan kecepatan angin permukaan terpantau di Laut Andaman, perairan utara Aceh, Selat Malaka bagian utara, Teluk Thailand, dan Laut Natuna utara hingga mencapai> 25 knot.

Kondisi ini dapat memicu peningkatan tinggi gelombang di wilayah perairan tersebut.

Baca juga: BMKG: Bibit Siklon Tropis 92W Terpantau di Laut Filipina, Indonesia Terdampak Cuaca Ekstrem

Baca juga: Peringatan Dini BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi hingga 6 Meter, Berlaku sampai 25 Mei 2022

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat / petir hingga angin kencang pada Jumat, 27 Mei 2022 hingga Sabtu, 28 Mei 2022:

Jumat, 27 Mei 2022

Wilayah hujan lebat yang dapat disertai kilat / petir dan angin kencang:

• Sumatera Utara

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/05/26/peringatan-dini-bmkg-jumat-27-mei-2022-waspada-yogyakarta-hujan-lebat-disertai-angin

Tidak ada komentar :

Posting Komentar