PDIP dan PKS Kritik Luhut Tangani Masalah Minyak Goreng, Sebut Menteri Segala Urusan

PDIP dan PKS Kritik Luhut Tangani Masalah Minyak Goreng, Sebut Menteri Segala Urusan

ramlihamdani.id – Penunjukan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan oleh Presiden Joko Widodo untuk mendownload masalah minyak goreng menimbulkan kritk dari beberapa pihak.

Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, Masinton Pasaribu Menganggap, penunjukan Luhut semakin menegaskan adanya posisi ‘perdana menteri’ dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

Selain itu, ia menilai penunjukan tersebut menjadi bentuk sentralisasi jabatan menteri.

“Pemberian banyak jabatan terhadap seorang menteri pengawasan rendahnya tanggung jawab pemerintahan. Sentralisasi banyak jabatan terhadap seorang menteri,” katanya ketika dihubungi TribunnewsSelasa (24/5/2022).

“Itu hanya menjadi perhatian kami saat itu. Presiden menjadi hanya sebatas urusan simbolik, ”imbuhnya.

Baca juga: Soroti Penunjukan Luhut Urus Persoalan Minyak Goreng, Politikus PDIP: Berpotensi Konflik Kepentingan

Baca juga: Politik PDIP Protes Penunjukan Luhut Tangani Persoalan Minyak Goreng

Kritikan terkait penunjukan Luhut juga dikatakan oleh anggota DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera.

Menurutnya, penunjukan Luhut oleh Jokowi untuk menangani masalah minyak goreng menegaskan posisi Luhut sebagai ‘menteri segala urusan’.

“Tapi itu (penunjukan Luhut oleh Jokowi) itu hak presiden. Namun secara organisasi tidak sehat, ”tuturnya dalam keterangan tertulis, Selasa (24/5/2022).

Sehingga, kata Mardani, seharusnya dalam penunjukan menteri untuk menangani suatu masalah diharapkan sesuai dengan latar belakang profesi.

“Karena masing-masing sudah ada portofolio masing-masing. Jadi berantakan berantakannya, ”jelasnya.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/05/24/pdip-dan-pks-kritik-luhut-tangani-masalah-minyak-goreng-sebut-menteri-segala-urusan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar