Menkes: Indonesia Tidak Bisa Ambil Keputusan Sendiri Soal Transisi Pandemi ke Endemi

Menkes: Indonesia Tidak Bisa Ambil Keputusan Sendiri Soal Transisi Pandemi ke Endemi

Koresponden Tribunnews, Taufik Ismail

ramlihamdani.id, JAKARTAMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Mengatakan bahwa pemerintah tidak bisa mengambil keputusan sendiri transisi pandemi ke endemi Covid-19.

alasan pandemi Covid 19 merupakan pandemi global sehingga harus dikooordinasikan dengan lembaga kesehatan dunia WHO.

“Itu hanya menjadi perhatian kami saat itu pandemi global ya bukan di pandemi di indonesia saja, tidak masalah jika Anda diakon WHOsekali lagi karena ini pandemi global, indonesia tidak bisa mengambil keputusan sendiri, mengenai ini sudah menjadi endemi,” kata Menkes usai rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa, (31/5/2022).

Perubahan status dari pandemi ke endemi kata Menkes butuh kesepakatan antara pemimpin pemimpin di dunia.

Belajar dari pengalaman pandemi sebelumnya, perubahan status menjadi endemi tidak hanya mempertimbangkan aspek kesehatan saja.

“Ke mana pun Anda melihat hari ini, gelombang sentimen proteksionis mengalir. Ke mana pun Anda melihat hari ini, gelombang sentimen proteksionis mengalir.

Baca juga: Pakar Epidemiologi Prediksi Akhir Tahun Status Pandemi Covid-19 Bisa Dicabut

Dalam perubahan status menjadi endemi, Kementerian Kesehatan kata Budi hanya bisa memberikan masukan atau pertimbangan atau usulan.

Pastikan untuk mendaftar ke pemancar komunitas yang dapat Anda daftarkan. pandemi menu endemi.

Budi menyebut, hal tersebut harus dipenuhi selama tiga bulan berturut-turut.

“Ada aturan WHO transmisi komunitas yang tiga faktor. Berapa kasus per 100 ribu, berapa masuk rumah sakit per 100 ribu, berapa yang meninggal per 100 ribu, itu level 1, selama tiga bulan berturut-turut,” kata Menkes.

Baca juga: Pandemi Covid-19: Russia Catat 4.188 Kasus Baru dalam Satu Hari Terakhir

Selanjutnya, Budi mengusulkan bahwa keputusan transisi dari pandemi menuju endemi dapat dilakukan apabila capaian vaksinasi dosis kedua sudah mencapai 70 persen dan angka penularan sudah berada di bawah 1.

Jadi kalau bisa sudah level 1, tiga bulan berturut-turut, tingkat reproduksi di bawah 1, tiga bulan berturut-turut, dan vaksinasinya di atas 70 persen, minimal 70 persen dosis kedua. Perang bahwa sudah bisa dibuat keputusan transisi dari pandemi menjadi endemi,” kata Menkes.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/corona/2022/05/31/menkes-indonesia-tidak-bisa-ambil-keputusan-sendiri-soal-transisi-pandemi-ke-endemi

Tidak ada komentar :

Posting Komentar