Kebayoran Baru dulu dan sekarang: Kisah perumahan Peruri, rumah Jengki, hingga CSW

Kebayoran Baru dulu dan sekarang: Kisah perumahan Peruri, rumah Jengki, hingga CSW

Kebayoran Baru, salah satu kawasan berguna dan pusat bisnis di selatan Jakarta, adalah kota satelit pertama di Indonesia.

Dibangun pada akhir 1940-an, Kebayoran Baru disabpatan sebagai kota berfasilitas lengkap, mulai perumahan, pendidikan, tempat hiburan, taman, hingga kompleks pekuburan.

Saat ini, berbagai fasilitas umum itu masih bisa dijumpai-jejaknya, meskipun wajah banyak yang berubah, seiring dengan perubahan pesat di ibu kota.

Itulah sebabnya, sebagian bangunan dan lanskap yang dulu menjadi ciri Kebayoran Baru, sekarang telah berganti wajah dan fungsi.

Namun, masih ada struktur bangunan lama yang tersisa, dan kini ada upaya dari sejumlah orang dan pihak yang terkait dengan itu.

Seperti apa wajah Kebayoran Baru pada awal pembangunannya, dan bagaimana keadaannya sekarang?

Bagaimana Anda melakukan semua hal keren ini?

Kembali pada bulan April, saya bisa mendapatkan dokter anak berusia empat tahun atas kawasan itu. Sesuai dengan latar belakang profesinya, mereka memiliki “cara sendiri” untuk terhubung.

Saya juga mendatangi bekas kompleks perumahan Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri), tidak jauh dari Blok M, yang telah ‘disulap’ menjadi pusat jajanan Ruang Blok M.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/internasional/2022/05/15/kebayoran-baru-dulu-dan-sekarang-kisah-perumahan-peruri-rumah-jengki-hingga-csw

Tidak ada komentar :

Posting Komentar