IHSG Anjlok Usai Libur Lebaran, Saham-saham Bank Besar Juga Ambrol

IHSG Anjlok Usai Libur Lebaran, Saham-saham Bank Besar Juga Ambrol

ramlihamdani.id, JAKARTA – Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) setelah libur Idul Fitri 2022, Senin (9/5) ditutup anjlok 4.42 persen atau 319 titik ke posisi 6.909.75.

Pada awal perdagangan tersebut IHSG sudah lebih dari 2 persen hingga angka sentuh terendah 6.911,84, di mana indeks pada penutupan sebelumnya 28 April 2022 di posisi 7.228,91.

CEO & Founder PT Astronacci International Gema Merdeka Goeyardi sudah memprediksi IHSG akan terjadi crash seiring dengan kondisi makro ekonomi yang terjadi di dunia.

Kondisi-kondisi yang mempengaruhi antara lain, nilai inflasi Amerika Serikat, pelemahan nilai tukar rupiah, perang Rusia dengan Ukraina terjadi sejak 24 Februari 2022, harga minyak dunia yang naik, serta kondisi makro ekonomi yang mirip seperti 2013.

Baca juga: Mudik 2022 Berjalan Sukses dan Lancar? Begini Kata Pengamat

Sayangnya, fitur ini tidak tersedia di semua negara. IHSG di Indonesia.

“Negara kita tidak hidup sendiri. Negara kita bergerak bersama-sama dengan negara lain, dan akan berdampak pada Indonesia,” kata Gema.

Gema menjelaskan, IHSG telah memasuki zona resistance dari wave 5, yang diikuti dengan adanya momentum multiple bearish divergence, di mana idealnya terus terbatas dan bersiap untuk pelemahan yang signifikan menuju support area.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua institusi lokal yang sudah bisa menjangkau Astronacci International dan bisa menjangkau Bloomberg,” ujarnya.

Baca juga: IHSG Senin Anjlok, Survei Rekomendasi Permukaan di Hari Ini

Baca juga: Pengamat Keuangan Predict IHSG Bisa Kembali Menguat ke Level 7.000 Lagi

Setelah mini crash selesai, kata Gema, idealnya IHSG akan kembali melanjutkan rally bullish berikutnya dengan target resistance terdekat pada area 7.800 setelah terjadi pembalikan pada area support.

“Ini bukan salah pemerintah. Ini adalah bencana global pasca covid yang menyebabkan inflasi yang harus dihadapi bersama. Harga pasti akan naik karena mengikuti pasar global,” ucap Gema.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/10/ihsg-anjlok-usai-libur-lebaran-saham-saham-bank-besar-juga-ambrol

Tidak ada komentar :

Posting Komentar