Dua Alasan Jokowi Disebut 'Pembuat Raja' di Pilpres 2024

Dua Alasan Jokowi Disebut 'Pembuat Raja' di Pilpres 2024

ramlihamdani.id, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga saat ini belum terang-terangan mendukung siapa bakal calon presiden yang akan didukungnya pada Pilpres 2024.

Padahal Jokowi dianggap ‘King Maker’ di Pilpres 2024.

Dengan kata lain dukungan yang diberikan Jokowi kepada capres sangat penting.

Meski demikian, Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, telah mengumumkan bahwa Presiden Joko Widodo akan mengikuti Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 di PDI Perjuangan.

Hanta juga mengomentari isu dukungan Jokowi untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tahun 2024 pasca-pernyataan presiden dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pro Jokowi (Projo).

“Pak Jokowi sangat berpeluang untuk memainkan permainan politik Pilpres 2024 yang akan digelar di Bu Megawati, Pak Prabowo, Pak SBY, dan Pak Surya Paloh yang memiliki harga tiket tertinggi,” kata Hanta kepada. Kompas.com, Selasa (24/5/2022).

Baca juga: Ketua Bappilu PDIP soal Capres-Cawapres Prabowo-Puan: Minggu Depan Saya Jawab

Kata Hanta, kekuatan Jokowi sebagai pembuat raja terletak pada infrastruktur kekuasaan dan otoritas politiknya untuk mengumpulkan partai-partai politik.

Otoritas ini melekat pada diri Jokowi yang sebagai presiden 2 periode dan hingga kini masih berkuasa.

Kenapa Disebut King Maker

Hanta juga menyatakan ada dua pertimbangan yang memungkinkan Jokowi menjadi pembuat raja.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/05/24/dua-alasan-mengapa-jokowi-disebut-king-maker-pada-pilpres-2024

Tidak ada komentar :

Posting Komentar