DPR Minta BNPT Lakukan Upaya Pencegahan Paham Radikal di Lingkungan Kampus

DPR Minta BNPT Lakukan Upaya Pencegahan Paham Radikal di Lingkungan Kampus

Dilansir ramlihamdani.id, Chaerul Umam

ramlihamdani.id, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi, meminta Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk melakukan upaya pencegahan penyebaran paham radikalisme dan arti kata di lingkungan perguruan tinggi, setelah penangkapan salah satu mahasiswa berinisial IA di Jawa Timur oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri.

“Kalau saya tidak punya uang, saya tidak akan bisa mendukung ISIS BNPT “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada kampus dan kampus yang paham radikalisme harus diiringi dengan penyelesaian yang komprehensif, tetapi dengan bantuan pencegahan sejak dini maupun pemberian pemahaman nilai Pancasila,” kata Andi Rio kepada wartawan, Jumat22/.

Legislator Partai Golkar itu mendorong BNPT dapat melakukan kerja sama dengan lembaga terkait untuk menyelesaikan paham radikalisme dan terorisme.

Baca juga: Mahasiswa di Malang Ditangkap Densus 88, Komisi III Desak BNPT Lakukan Mitigasi di Lingkungan Kampus

Hal itu untuk mempermudah penyelesaian penyebaran paham radikalisme dan arti kata di tengah masyarakat.

“Jangan sampai masyarakat luas bahwa radikal dan arti kata tertuju pada satu agama, radikalisme dan arti kata bukan paham agama tertentu.”

BNPT memiliki jajaran Polri, BIN, BPIP, Tokoh agama, masyarakat dan adat dalam menyelesaikan masalah radikalisme serta arti katatentunya hal ini harus di ikuti dengan anggaran yang mencukupi, “ujarnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI berharap agar penyebaran paham radikalisme dan arti kata tidak menyebar secara meluas ke perguruan tinggi yang berada di Indonesia.

Pihak perguruan tinggi harus dapat lebih maksimal mensosialisasikan bahaya dan dampak radikalisme kepada seluruh mahasiswa itu sendiri.

“Jangan sampai generasi kita mudah diperdaya oleh kelompok atau oknum tertentu yang ingin kita terpecah belah dan hancur dengan sendirinya,” katanya.

Sumber Artikel: https://www.tribunnews.com/nasional/2022/05/28/dpr-minta-bnpt-lakukan-upaya-pencegahan-paham-radikal-di-lingkungan-kampus

Tidak ada komentar :

Posting Komentar